in

Festival Keterampilan Pramuka Inovatif Jateng Jadi Hadiah Bagi Pramuka SDN Karangturi Banyumas

Para anggota Barung Biru Pramuka SDN Karangturi Banyumas, mempraktikkan pionering tiang bendera di sekolah mereka. (Foto : Banyumaskab.go.id)

 

HALO BANYUMAS – Pembina Pramuka SDN Karangturi Banyumas, Kurniawan Dwi Hartanto, mengaku bersyukur para anak didiknya yang tergabung dalam Barung Biru SDN Karangturi Kwarran Sumbang, menjadi utusan Kwarcab Banyumas, untuk mengikuti Festival Keterampilan Pramuka Inovatif Kwarda Jateng, atau Central Java Scout Festival yang digelar secara virtual tanggal 7-10/10/2021.

“Kami hanya SD kecil dengan siswa keseluruhan 138 anak. Menjadi juara di tingkat Kwarcab saja sudah sangat bersyukur. Tapi ini masih diberi hadiah, untuk mewakili Kwarcab Banyumas, ditingkat Kwarda Jawa Tengah,” kata dia, seperti dirilis Banyumaskab.go.id.

Lebih lanjut Kurniawan mengatakan Barung Biru dari pangkalanya beranggotakan delapan anggota Pramuka Siaga, masing-masing Ahmad Zam Zam Fitriyanto, Arya Akbari, Wildanul Azkia, Achmad Zidny Ilham Nafi, Ahmad Fadhilan Zakiri, Fadhil Fatur Rosyadi, Muhammad Emhran dan M Sirajudin Faqih. Mereka terbagi dalam dua kelompok, yaitu untuk lomba hasta karya dan pioneering tiang bendera.

“Pangkalan kami tampil pada hari Sabtu, 9 Oktober 2021 kemarin,” katanya Minggu (10/10).

Kurniawan menjelaskan bahwa untuk menyiapkan timnya, atas arahan dan bimbingan dari Kepala Sekolah Taryono SPd, selain melakukan latihan rutin, juga ada latihan khusus. Menurutnya untuk lomba tingkat Kwarcab, timnya berlatih khusus selama dua minggu, waktu yang sama untuk lomba di tingkat Kwarda ini.

“Dalam pelatihan tim pionering yang beranggotakan Emran, Faqih, Zidney, Wildan, Arya dan Fadlan, didampingi pembina Kurniawan Dwi Hartanto SPd MPd, Ahmad Baskoro SPd, dan Wastiyati SPd. Adapun tim hasta Karya yang beranggotakan Fadhil dan Zamzam, didampingi pelatih Dewi Kartika Wahyuningsih A Ma Pd, Deanty Wahyu Latifah SPd, Tofik Diliyanto SPd dan Umi Fauziyah SPd,” jelasnya.

Kurniawan mengakui ingin menjadi yang terbaik. Namun tujuan utama dari keikutsertaan Barung Biru adalah melatih dan mendidik generasi muda, agar memiliki karakter dan pribadi yang baik sebagai bekal untuk anak-anak itu ke depan. (HS-08)

Share This

Wabup Purworejo Ajak Masyarakat Perkokoh Nilai Kebangsaan

Bersaing dengan Mahasiswa, Pelajar MA Ma’arif NU Cilongok Juara 2 Lomba Poster Universitas Amikom Purwokerto