in

Fasilitasi Warganya Mudik Gratis, Pemkab Batang Kirim 3 Bus ke Jakarta

Pemberangkatan bus mudik gratis di halaman Kantor Dishub Batang, Kabupaten Batang, Minggu (16/4/2023). (Foto : batangkab.go.id)

 

HALO BATANG – Pemerintah Kabupaten Batang menyiapkan tiga bus, untuk masyarakat Kabupaten Batang yang ingin melakukan mudik secara gratis.

Bus diberangkatkan 16 April 2023 dan sampai ke Batang 17 April 2023.

“Kami memberangkatkan 3 bus ke Jakarta, untuk menjemput para pemudik yang berasal dari Kabupaten Batang,” kata Plt Kepala Dishub Batang, Dwi Riyanto, usai pemberangkatan bus mudik gratis di halaman Kantor Dishub Batang, Kabupaten Batang, Minggu (16/4/2023).

Kegiatan mudik gratis ini dibiayai menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) sebesar Rp 50.000.000.

“Jumlah pemudik yang sudah terdaftar dalam bus mudik gratis tahun ini ada 150 orang. Nantinya setiap bus akan diisi 50 orang. Sebelum berangkat, bus akan dilakukan ramp chek supaya kondisi kendaraan yang digunakan untuk mengangkut pemudik benar-benar kondisinya aman dan bagus,” kata dia, seperti dirilis batangkab.go.id.

Tidak hanya itu, lanjut dia, supir dan pendampingnya pun, harus mempunyai surat keterangan sehat, serta harus membawa perlengkapan surat-surat bus agar tidak menyalahi aturan yang ada.

“Perkiraan bus akan sampai di Jakarta pada sore hari dan besoknya akan berangkat dari Jakarta jam 10 pagi jadi sampai Kabupaten Batang perkiraan jam 4 sore,” terangnya.

Ia juga menyampaikan, akan selalu mendampingi dan mengawasi bus mudik gratis ini, karena setiap bus akan ada satu petugas yang mengawasi. Jadi nantinya tidak ada pemudik yang turun di jalan seenaknya harus turun bersama di halaman Kantor Dishub Batang.

“Semoga adanya bus mudik gratis dari Pemkab Batang dapat membantu meringankan beban pemudik,” ujar dia. (HS-08)

H-8 Lebaran, 158.835 Kendaraan Tinggalkan Jabodetabek

Berangkatkan 10 Bus Mudik Gratis, Pemkab Klaten Jemput Warganya di Perantauan