in

Fasilitasi Warga Ingin Bersedekah, Bupati Banyumas Launching I-Warga

Launching aplikasi iWarga di Pendopo Si Panji Purwokerto. (Foto : Banyumaskab.go.id)

 

HALO BANYUMAS – Bupati Banyumas Ir Achmad Husein, Kamis (30/09) me-launching aplikasi iWarga di Pendopo Si Panji Purwokerto. Aplikasi ini digagas oleh relawan iWarga, yang untuk memudahkan warga berbagi dan bisa langsung di download di Playstore.

Aplikasi iWarga, kali pertama diluncurkan di Purwokerto, untuk menjembatani warga masyarakat yang ingin bersedekah dan warga yang membutuhkan.

Dengan menggunakan teknologi baru, aplikasi gratis iWarga dibuat untuk menjebatani warga kaya dengan warga kurang mampu yang membutuhkannya.

Pemberi sedekah dapat langsung mendownload, memotret, dan menyedekahkan apa saja seperti barang dan makanan. Selain itu juga aplikasi ini, bisa untuk sedekah profesi, contohnya ketika tukang cukur ingin bersedekah cukur gratis, tukang becak ingin bersedekah menjemput anak sekolah gratis, dan lain sebagainya.

Bupati Banyumas, Achmad Husein mengapresiasi peluncuran aplikasi ini.

“Pada prinsipnya adalah ada aplikasi buatan orang Banyumas. Ide nya bagus karena bisa menolong warga yang tidak mampu tetapi membutuhkan dengan cara cuma – cuma dan bagi orang yang berkelebihan bisa memberikan dengan cara mudah tanpa harus kelihatan. Ini adalah sedekah lewat aplikasi. Sedekah dari warga untuk warga yang dikoordinas oleh admin.” Kata dia, seperti dirilis Banyumaskab.go.id.

Penggagas Aplikasi Sedekah Online iWarga, Iksanto mengatakan bahwa pihaknya tidak memungut satu persen pun biaya dari pemberi sedekah dan tidak tahu siapa pemberi sedekah serta penerimanya. Jadi aplikasi ini hanya sebagai penghubung/perantara/media saja yang menghubungkan penerima dan pemberi sedekah lewat media online.

“Kita harapkan purwokerto menjadi kota pertama yang memakai IOT (Internet Of Things) dan bisa merambah ke Banyumas dan bisa sampai ke Jawa Tengah. Ini pertama kali aplikasi yang sangat mudah. Dan kita berharap juga makanan berlebih yang ada nantinya masyarakat yang kurang mampu bisa merasakan makan enak” tambahnya.

Aplikasi sedekah online ini bisa memotivasi kepada mereka yang akan bersedekah, terlebih saat ini pandemi Covid-19 yang masih berlanjut banyak orang yang ingin berbagi tetapi karena masih harus berjarak akhirnya aplikasi ini hadir untuk menjebatani pemberi dan penerima sedekah. (HS-08)

Share This

Pecahkan Rekor Jalan Pagi 300 Km, Bupati Disambut Pelukan Istri

Berani Ajak Ganjar Nari Burure, Bocah Papua Ini Langsung Dihadiahi Sepeda