in

Fasilitasi Pemudik Pemilik Kendaraan Listrik, PLN Siagakan Lebih dari 1.000 SPKLU di Indonesia

Pengguna kendaraan listrik yang menggunakan fitur Electric Vehicle pada aplikasi PLN Mobile, untuk melakukan charging di SPKLU. (Foto : Dok PT PLN (Persero) / bumn.go.id)

 

HALO SEMARANG – PT PLN (Persero) memastikan infrastruktur pengisian daya kendaraan listrik siap digunakan masyarakat memastikan, 1.124 Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di seluruh Indonesia, siap digunakan saat mudik dan balik Lebaran 2024.  .

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengatakan, PLN terus berkomitmen untuk mendukung ekosistem kendaraan listrik di tanah air.

Di masa mudik Lebaran tahun ini, kata dia, PLN bersama para mitra memastikan SPKLU dalam kondisi siap melayani para pemudik yang menggunakan kendaraan listrik.

“PLN bersama mitra telah menyiapkan SPKLU yang tersebar di seluruh Indonesia dengan total sebanyak 1.124 unit,” ujar Darmawan, seperti dirilis bumn.go.id.

Ia menambahkan, khusus untuk jalur mudik utama seperti tol Trans Sumatra-Jawa akan ada tambahan 100 unit SPKLU.

Darmawan pun mengatakan, PLN telah menempatkan unit SPKLU pada beberapa titik utama arus mudik di Sumatra, Jawa, Bali, Kalimantan, Sulawesi, Maluku, Nusa Tenggara hingga Papua.

Seperti tol Trans Sumatra-Jawa yang akan didukung oleh total 168 unit SPKLU.

“PLN telah memetakan secara cermat terkait sebaran SPKLU tersebut. Seperti di tol Trans Sumatra-Jawa, rata-rata jarak antar SPKLU adalah sekitar 23 km. Ini sangat aman untuk melayani kebutuhan kendararaan lisrik yang rata-rata jarak tempuhnya antara 300-500 km,” jelasnya.

Lebih lanjut Darmawan menyampaikan, selama masa siaga ini, PLN juga mengerahkan sebanyak 3.504 pegawai yang akan stand by selama 24 jam nonstop di SPKLU tersebar.

Bahkan PLN juga telah menyiagakan SPKLU mobile yang dapat bergerak dalam melayani pengguna kendaraan listrik di lokasi yang belum terjangkau SPKLU konvensional.

“Selain SPKLU, PLN juga menyiapkan Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum (SPBKLU) untuk kendaraan listrik roda dua dengan bekerja sama dengan para mitra,” imbuhnya.

“Selain SPKLU, PLN juga menyiapkan Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum (SPBKLU) untuk kendaraan listrik roda dua dengan bekerja sama dengan para mitra,” imbuhnya.

Adapun terdapat 1.839 unit SPBKLU di seluruh Indonesia yang telah tersedia.

Selain itu, PLN juga menyiagakan Stasiun Pengisian Listrik Umum (SPLU) sebanyak 9.771 unit untuk pengisian daya motor listrik.

Untuk mengetahui titik-titik rinci lokasi SPKLU, SPBKLU dan SPLU tersebut pelanggan bisa mengaksesnya melalui aplikasi PLN Mobile.

Kanal Pengaduan Layanan 24 Jam 7 Hari juga disiagakan PLN, untuk menunjang kenyamanan pelanggan yang bisa dihubungi di Contact Center 123 dan WhatsApp 087771112123. (HS-08)

Jelang Mudik Lebaran, Satlantas Polres Brebes Terapkan Skema One Way Lokal

Prakiraan Cuaca Semarang Dan Sekitarnya, Minggu (31/3/2024)