in

Fakultas Syariah UIN Raden Mas Surakarta Buka Kelas Internasional

Rilis Kelas Internasional, Fakultas Syariah UIN Raden Mas Said Surakarta (Foto : kemenag.go.id)

 

HALO SURAKARTA – Fakultas Syariah Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta, mulai tahun ini membuka Kelas Internasional.

Pembukaan ditandai dengan rilis kelas internasional, oleh Dekan Fakultas Syariah, Muh Nashiruddin, di Aula Fakultas Syariah UIN Raden Mas Said Surakarta.

Kelas Internasional ini adalah yang pertama di UIN Raden Mas Said Surakarta. Dekan Fakultas Syariah, Muh Nashiruddin, menyampaikan bahwa Kelas Internasional, diharapkan mampu meningkatkan kualitas Fakultas Syariah dan mahasiswanya.

“Harapannya adalah Fakultas Syariah ini siap untuk melakukan ekspansi secara global. Mahasiswanya juga dikenal di dunia Internasional,” kata Nashiruddin, di Surakarta, Rabu (6/3/2024), seperti dirilis kemenag.go.id.

Dikatakan Nashiruddin, ada banyak program yang akan dikembangkan pada Kelas Internasional.

Pertama dan yang utama adalah program sharing knowledge, dengan mengundang tokoh berkaliber Internasional.

Tokoh tersebut tidak hanya dari Dunia Arab tetapi juga dari Eropa dan Amerika.

Kedua, program menulis di berbagai kolom dan jurnal yang berupatasi Internasional. Proses ini akan dibimbing dan dikawal langsung oleh dosen-dosen yang sudah memiliki pengalaman Internasional.

Ketiga, penyediaan banyak ruang yang mampu mengantarkan mahasiswa untuk turut aktif dalam kegiatan Internasional. Misalnya, Model United Nation, pertukaran pelajar, maupun shortcourse di Luar Negeri.

“Semoga di semester yang baru nanti bukan hanya kelasnya yang Internasional, tetapi Kelas Internasional ini dapat juga diisi oleh mahasiswa-mahasiswa asing,” harapnya.

Untuk periode pertama, Kelas Internasional didesain dalam bentuk kelas percontohan, yaitu Program Studi Hukum Ekonomi Syariah.

Pada periode selanjutnya, Kelas Internasional akan dibuka juga untuk Program Studi lainnya, antara lain: Hukum Pidana Islam, Hukum Keluarga Islam, dan Prodi Manajemen Zakat dan Wakaf.

“Apa yang telah dimulai ini semoga bisa menginspirasi Fakultas lain di UIN Raden Mas Said Surakarta. Semua hal yang baik harus tumbuh subur,” kata Nashirudin. (HS-08)

Mobil Paspor Keliling Mudahkan Warga Urus Permohonan Paspor

Sambut Ramadhan, 30 Mahasiswa UIN Ar-Raniry Banda Aceh Dilatih Jadi Imam Salat