Fakultas Ekonomi USM Berikan Pelatihan Penyusunan Laporan Keuangan

Dosen Fakultas Ekonomi Universitas Semarang (USM) memberikan pelatihan laporan keuangan bagi UKM di Galeri Batik Kampung Tematik Durenan Indah, Kelurahan Mangunharjo, Kecamatan Tembalang.

 

HALO SEMARANG – Setiap usaha diharapkan memiliki laporan keuangan untuk menganalisis kinerja keuangan, dengan tujuan dapat memberikan informasi tentang posisi keuangan, kinerja, dan arus kas usaha yang bermanfaat untuk membuat keputusan dan pertanggungg jawaban usaha.

Hal inilah yang mendorong tiga dosen Fakultas Ekonomi Universitas Semarang (USM), Tri Rinawati, Asih Niati, dan Yohannes Suharjo melakukan kegiatan pengabdian masyarakat dengan memberikan pelatihan penyusunan laporan keuangan bagi UKM di Galeri Batik Kampung Tematik Durenan Indah, Kelurahan Mangunharjo, Kecamatan Tembalang, baru-baru ini.

Menurut Tri Rinawati, selama ini Usaha Kecil Menengah (UKM) mengalami kendala dalam menyusun laporan keuangan, dikarenakan kurangnya sumber daya manusia yang mempunyai kemampuan di bidang akuntansi dan manajemen keuangan, serta kurangnya alokasi waktu dalam menyusun laporan keuangan.

- Advertisement -

“Permasalahan yang terjadi adalah keterbatasan pengetahuan bagi UKM Durenan Indah Kelurahan Mangunharjo, Kecamatan Tembalang tentang manajemen keuangan dan akuntansi, mengalami kesulitan dalam menyusun laporan keuangan sederhana dengan benar secara cepat dan praktis,” ungkap Tri.

“Pada kegiatan ini kami berikan mater bagaimana cara menyusun laporan keuangan sederhana. Materi yang disampaikan masih dalam bentuk manual, jadi untuk kegiatan pengabdian yang akan dilaksanaan ini, yakni cara menyusun laporan keuangan sederhana berbasis aplikasi Microsoft Excel,” tambahnya.

Dikatakan Tri, Microsoft Excel adalah piranti yang sangat fleksibel untuk dibentuk menjadi berbagai macam hal yang dapat membantu dalam kehidupan sehari-hari, termasuk dan terutama dalam pekerjaan dan bisnis.

Menurutnya, Microsoft Excel juga sangat mampu dibentuk untuk usaha yang berskala UKM, dengan kapabilitas Microsoft Excel untuk membantu usaha ini menjadi sangat luas dan dapat terlibat dalam beberapa area yang terintegrasi.

Data yang dimiliki oleh usaha UKM belum terlalu banyak sehingga hal ini menjadikan Microsoft Excel sebagai solusi ideal memiliki database kecil untuk usaha UKM serta integrasi data-data tersebut untuk area usahanya.

Fitur program Microsoft Excel dibentuk disesuaikan dengan kebutuhan bagi para pelaku UKM. Fitur yang dapat dibentuk di Microsoft Excel adalah program pada bagian manajemen keuangan adalah Jurnal, Neraca Saldo, Laporan Keuangan (Laba Rugi dan Neraca), Buku Kas, Buku Piutang, Buku Hutang dan Buku Persediaan.(HS)

bawah-berita-dprd-semarang
Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.