Esok dan Lusa, Semarang Masih Berpotensi Hujan

Peta streamline, yang menunjukkan tekanan rendah di teluk Carpentaria dan sirkulasi siklonik di Samudra Pasifik Utara Papua. (Sumber: BMKG.go.id)

 

HALO SEMARANG – Dalam dua hari ke depan, Kota Semarang dan sekitarnya masih berpotensi turun hujan.

Menurut prakiraan cuaca BMKG, pagi besok cuaca Kota Semarang akan berawan, namun kemudian bisa terjadi hujan ringan pada siang harinya. Adapun untuk  malam hingga dini harinya, kemungkinan akan berawan.

Untuk suhu diperkirakan cukup sejuk, berkisar 24 – 30 derajat celsius dan kelembapan udara 75-95 persen.

Adapun untuk lusa, Senin (8/2), pada pagi hari langit kemungkinan akan berawan, namun pada siang, malam, hingga dini hari akan turun hujan ringan. Adapun untuk suhu, diperkirakan 25 hingga 29 derajat Celsius, dengan kelembapan udara  70 – 95 persen.

Sementara itu sebelumnya, BMKG meliris peringatan dini cuaca ekstrem, berkaitan dengan terjadinya pusat tekanan rendah di Teluk Carpentaria, sebelah utara Benua Australia.

Pusat tekanan rendah ini mempengaruhi pola streamline atau arah angin dan konvergensi  di wilayah  Indonesia.

Muncul  sirkulasi siklonik di Samudra Pasifik Utara Papua, yang dapat meningkatkan potensi pembentukan awan hujan. Daerah pertemuan dan perlambatan kecepatan angin (konvergensi), terpantau memanjang di Kalimantan Utara Hingga kalimantan Tengah, Pesisir Selatan Jawa, Sulawesi bagian Tengah, dan Papua. Kondisi ini dapat meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan, di sepanjang daerah konvergensi tersebut.

Adapun untuk wilayah yang berpotensi hujan lebat, yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang, pada hari ini adalah Aceh, Lampung, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Maluku, Papua Barat, dan Papua.

Hujan lebat, yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang, besok juga berpotensi terjadi di wilayah Banten, Jawa Barat, DKI Jakarta, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Maluku, dan Papua.

Adapun untuk lusa, cuaca buruk serupa juga berpotensi terjadi di Bengkulu, Sumatera Selatan, Lampung, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat, dan Papua. (HS-08)

bawah-berita-dprd-semarang
Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.