Eskalator Terpanjang se-Asia Tenggara Ternyata Ada di Kota Semarang, Panjangnya 39 Meter

Beberapa pengunjung mencoba eskalator terpanjang di dalam gedung MG Setos Hotel Semarang, Sabtu (13/7/2019).

BELUM banyak yang mengetahui jika di Kota Semarang ternyata ada eskalator terpanjang di Indonesia, bahkan konon se-Asia Tenggara. Eskavator tersebut berada di dalam gedung MG Setos Hotel Semarang, Jalan Inspeksi Gajahmada, Semarang Tengah, Kota Semarang.

Dengan panjang lebih dari 39 meter, eskalator ini menjadi penghubung dari lantai dasar gedung tersebut langsung ke lantai lima gedung, area mal dan foodcourt. Tingginya dari bawah mencapai 19 meter.

Di antara lantai tersebut, melewati area permainan keluarga PlaPlay yang ada di lantai 1-2.

Panjang eskalator di Semarang yang dibangun tahun 2014-2015 ini mengalahkan rekor eskalator terpanjang se-Asia Tenggara sebelumnya, yang dipegang oleh mal Ciputra World Surabaya (CWS) dengan panjang mencapai 34 meter.

Sedangkan untuk eskalator terpanjang di dunia, untuk saat ini berada di Hong Kong dengan panjang 800 meter.

Eskalator outdoor terpanjang di dunia ini bernama Central-Mid-Levels-Escalator. Eskalator yang menghubungkan antara Central District dan Western District ini dibangun tahun 1993 dengan tinggi mencapai 135 meter.

Sementara eskalator terpanjang kedua, ada di stasiun Pobedy Park di jalur Pokrovskaya-Arbatsko (Rusia) yang dibuka tahun 2003. Eskalator tersebut mempunyai panjang 126 meter.

Selain memiliki eskalator terpanjang se-Asia Tenggara, Setos juga memiliki bioskop lima dimensi (5D) yang dinilai cukup canggih. Bioskop 5D ini sementara hanya dapat dijumpai di kota-kota metropolitan saja.

Menaiki sebuah eskalator di mal maupun gedung bertingkat memang sudah sering dilakukan masyarakat perkotaan. Namun jika naik eskalator terpanjang tentu akan membuat kita jadi penasaran dan agak deg-degan saat berdiri di atasnya.

Nah, saat halosemarang.id berkunjung ke MG Setos Hotel Semarang, cukup banyak pengunjung atau tamu hotel yang ingin mencobanya, karena rasa penasaran mereka. Sebenarnya di dalam gedung berlantai 17 ini juga disediakan lift bagi pengunjung yang tidak mau naik eskalator.

Dari data yang didapat, eskalator ini memang baru dan mulai dioperasionalkan pada tahun 2016 lalu. Adapun waktu operasional untuk eskalator tersebut mulai pukul 08.00 sampai 21.00, disesuaikan dengan jam operasional buka mal dan pla-play.

Menurut informasinya, eskalator dibuat panjang agar memudahkan pengunjung yang ingin naik ke lantai lima, dengan tetap bisa melihat pemandangan di dalam gedung. Termasuk dengan adanya wahana permainan di lantai 1 dan 2 gedung tersebut.

Eskalator terpanjang ini pun menjadi salah satu daya tarik pengunjung untuk mencoba sensasi menaiki tangga berjalan dengan waktu yang cukup lama dan di atas ketinggian.

Salah satu pengunjung, Hanik mengatakan, gedung yang di dalamnya juga terdapat mal ini sangat cocok untuk berswa foto. Karena interior gedungnya di beberapa sudut sangat instagramable.

“Apalagi ada eskalator terpanjang. Saking panjangnya kalau liat ke bawah rasanya agak ngeri. Tapi asyik, kalau sudah sampai turun ke bawah,” katanya, Sabtu (13/7/2019).

Hal senada juga disampaikan Riska, warga Kendal yang mengaku baru mengetahui bahwa di Setos ada eskalator terpanjang di Indonesia.

“Ingin mencoba naik, ternyata sempat khawatir juga. Karena panjangnya mencapai 39 meter, jadi agak lama sampai ujungnya,” katanya.(HS)

Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.