in

Engineering Fair Lancar Digelar Fakultas Teknik USM

Fakultas Teknik Universitas Semarang (USM) menggelar kegiatan rutin tahunan USM ENGINEERING FAIR 2021 dengan tema “Engineering In Action For The Future”.

 

HALO SEMARANG – Fakultas Teknik Universitas Semarang (USM) baru-baru ini menyelenggarakan kegiatan rutin tahunan USM ENGINEERING FAIR 2021 dengan tema “Engineering In Action For The Future”.

Kegiatan yang rutin digelar ini meliputi webinar, lomba Teknologi Tepat Guna (TTG), Lomba City Branding, Lomba Line Tracer, Lomba Balsa Brige Competion, dan Bincang Teknik.

Webinar tersebut diikuti 200 peserta dengan tema “Inovasi Teknologi Infrastruktur Terkait Mitigasi Bencana di Indonesia’’ menghadirkan tiga nara sumber yaitu Dosen Fakultas Teknik USM Ferry Firmawan, ST, MT, PhD, General Manager PT Adhi Karya Persero Tbk Ir Yan Arianto, ST,MM, Dosen Politeknik Sumatra Utara Dr Iman Fahruzi, dan sebagai moderator Dosen Fakultas Teknik USM Dr Ir Edy Susilo, MT.

Kegiatan tersebut bertujuan memperkenalkan Fakultas Teknik Universitas Semarang kepada khalayak umum dengan sasaran peserta yaitu siswa-siswi SMA/SMK/MA sederajat se-Jawa Tengah.

Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Teknik USM, Zakiyatun Nailatusshufila mengatakan, kegiatan ini melibatkan organisasi kemahasiswaan yang terdiri BEM Fakultas Teknik USM, Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Teknik Sipil, HMJ Perencanaan Wilayah dan Kota serta Himpunan Mahasiswa Elektro.

Dekan Fakultas Teknik USM Purwanto, MT mengatakan, beberapa dosen Fakultas Teknik USM turut berkontribusi dalam kegiatan tersebut, yakni sebagai juri dalam beberapa lomba.

“Dosen Fakultas Teknik kami libatkan sebagai dewan juri pada lomba Teknologi Tepat Guna (TTG), Lomba City Branding, Lomba Line Tracer, Lomba Balsa Brige Competion, dan Bincang Teknik,” ungkap Purwanto.

Juara lomba TTG diraih oleh SMANDA SCIENE STUDENT dari SMA Negeri 2 Semarang, runner-up diraih oleh VICTORIOUS dari SMA Islam Sultan Agung 1 Semarang, dan pemenang ketiga diraih oleh SMANDA TEENAGER dari SMA Negeri 2 Semarang.

Sementara pada lomba City Branding, juara diraih oleh LUBANG KACA 1 dari SMA PGRI 1 Pati, runner-up diraih oleh ARUNIKA dari SMA Negeri 2 Semarang, pemenang ketiga diraih oleh LUBANG KACA 2 dari SMA PGRI 1 Pati.

Pada lomba Balsa Brige Competion, juara diraih oleh FABULOUS RATTLE dari SMK Negeri 4 Semarang, runner-up diraih oleh DIVA SMK dari SMK 3 Pati, pemenang ketiga diraih oleh KAMI dari SMK Negeri 7 Semarang.

Untuk Lomba Line Tracer, juara diraih oleh VICTORIOUS dari SMA Islam Sultan Agung 1 Semarang, runner-up diraih oleh DB ROBOTICS dari SMK Negeri 7 Semarang, pemenang ketiga diraih oleh MEGA FOYAFOYA dari SMK Negeri 7 Semarang.

Pada puncak acara sekaligus penutupan, panitia menggelar dialog “BINCANG TEKNIK” untuk kembali memperkenalkan seputar dunia dan ilmu teknik, terutama yang ada di Fakultas Teknik USM.

Beberapa nara sumber didatangkan dari perwakilan jurusan di fakultas teknik sendiri, yaitu Dosen Perencanaan Wilayah dan Kota Tiasa Adimagistra, ST, MPWK, Dosen Teknik Elektro Fahrudin Ahmad, SSi, MSi, dan Nur Fitriani Fatma Cholida, ST,MT.(HS)

Share This

Meski Sejumlah Petugas Pendataan Terpapar Covid-19, Proses Input Data Pedagang Johar Akan Dilanjutkan

Tak Galau Diposisikan sebagai Kuda Hitam