in

Enceng Gondok Yang Menutupi Sungai Kalibuntu Kendal Dibersihkan

Pembersihan eceng gondok yang menutupi permukaan sungai sepanjang satu kilometer dilakukan oleh Dinas PUPR Kendal dibantu petugas dari BPBD, Dinas Lingkungan Hidup, TNI dan Polri, Senin (4/10/2021).

 

HALO KENDAL – Untuk mencegah banjir di permukiman warga, tanaman eceng gondok yang tumbuh di sepanjang Sungai Kalibuntu Kota Kendal terus dibersihkan.

Pembersihan eceng gondok yang menutupi permukaan sungai sepanjang satu kilometer dilakukan oleh Dinas PUPR Kendal dibantu petugas dari BPBD, Dinas Lingkungan Hidup, TNI dan Polri, mulai kemarin, Senin (4/10/2021).

Pembersihan tanaman eceng gondok liar itu menggunakan ekskavator dan truk pengangkut dari Dinas PUPR Kendal.

Selain itu, dibantu dua perahu karet dari BPBD dan satu perahu karet dari Kodim/0715 Kendal dan kendaraan roda tiga dari Dinas Lingkungan Hidup yang dikerahkan untuk mempercepat pengangkut eceng gondok yang sudah diambil dari sungai.

Kepala Dinas PUPR Kendal, Sugiono mengatakan, pembersihan tanaman eceng gondok di sungai itu untuk mengantisipasi supaya air sungai tidak meluap saat musim hujan.

“Jika air sungai tersebut meluap, maka akan meluber kawasan perumahan yang dihuni ribuan warga,” terangnya, Selasa (5/10/2021).

Menurut Sugiono, untuk memberantas tanaman eceng gondok, sebenarnya bisa menggunakan obat namun berbahaya bagi lingkungan hidup.

“Oleh karena itu pembersihan tanaman eceng gondok tetap dilakukan secara manual. Pembersihan ini kami laksanakan rutin, karena eceng gondok itu setelah dibersihkan, nanti sisa-sisanya itu tumbuh lagi,” jelasnya.

Kepala Pelaksana Harian BPBD Kendal, Sigit Sulistyo mengatakan, untuk penanganan sungai besar besar, pihaknya berkoordinasi dengan dinas teknis di Provinsi dan Pusat.

Sedangkan untuk sungai-sungai kecil, pihaknya berkoordinasi dengan Dinas PUPR Kendal.

“Sungai adalah tanggung jawab provinsi dan pusat, tapi untuk yang sungai-sungai kecil, avur-avur itu, kami berkoordinasi dengan rekan-rekan teknis dari Dinas PUPR,” ungkap Sigit.

Dijelaskan, selain mengantisipasi banjir di musim hujan, BPBD Kendal juga mengantisipasi terjadinya bencana longsor di wilayah Kendal atas.

“Baik di wilayah Selokaton maupun di wilayah Siboli,” ujar Sigit.

Sementara itu Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kendal, Sudaryanto mengatakan, ada dua sungai besar di Kabupaten Kendal yang harus dibersihkan untuk mencegah banjir, tetutama Kalibuntu di Kota Kendal dan Kaliaji di Kaliwungu.

“Begitu eceng gondok sudah mulai mengganggu, kami bersihkan, dengan berkolaborasi bersama Dinas PUPR, DLH, BPBD dan Kodim,” tukasnya.(HS)

Share This

Biliar Persembahkan Emas untuk Jateng, Ganjar: Saya Sudah Punya Firasat

Modus Penyelundupan Lempar Narkotika Ke Dalam Lapas Semarang Terus Terulang, Kenapa Pelaku Tak Tertangkap