in

Enam Wanita Peroleh Kartini Award, Nawal Nur Arafah Yasin Berharap Bisa jadi Inspirasi Kaum Millenial


Ketua Badan Kerja Sama Organisasi Wanita (BKOW) Provinsi Jawa Tengah, Nawal Nur Arafah Yasin (dua dari kiri) secara simbolis menyerahkan penghargaan Kartini Award kepada Kartini masa kini yang digelar Forum Komunikasi Wartawan Indonesia (FKWI) di Hotel Aston Inn, Pandanaran, Jumat (27/4/2019).

 

HALO SEMARANG – Sebanyak enam wanita masa kini yang bisa jadi inspirasi bagi kaum perempuan lainnya, diapresiasi dengan diberikan penghargaan Kartini Award 2019 oleh Forum Komunikasi Wartawan Indonesia (FKWI) di Arcadia Ballroom Hotel Aston Inn, Jalan Pandanaran, Jumat (26/4/2019) malam.

Enam wanita tangguh tersebut yakni, Endang Maria Astuti, anggota DPR-RI, AKBP Siti Rondhijah, Kapolres Tegal Kota, Yulia Budiwati, Direktur Universitas Terbuka (UT) Surakarta, Ayu Widianingrum, Owner Widya Esthetic Clinic Banjarmasin, dr Firyal Nadiah Rahma, dokter/makeup artist asal Sidoarjo, Jawa Timur, serta AKP Maria Widowati, kanit Provos Polrestabes Semarang.

Pemberian penghargaan itu dilakukan oleh Ketua Badan Kerja Sama Organisasi Wanita (BKOW) Provinsi Jawa Tengah, Nawal Nur Arafah Yasin. Dalam sambutannya, istri Wakil Gubernur Jawa Tengah, Taj Yasin tersebut berharap, para penerima Kartini Award bisa memberikan kontribusi besar dan menularkan pikiran-pikiran positifnya kepada generasi millenial. Serta bisa memberikan manfaat untuk masyarakat dan menginspirasi wanita lainnya.

“Sedangkan sifat yang bisa dijadikan contoh atau tauladan dari sosok pahlawan nasional RA Kartini, yaitu bagaimanapun kesulitan yang dihadapi kaum wanita harus bisa ditaklukkan dengan kerja keras. Sehingga hal itu bisa jadi inspirasi bagi wanita lainnya,” imbuhnya

Dikatakan Nawal, beberapa waktu lalu, saat peringatan hari Kartini di Rembang, pihaknya bekerja sama dengan Tim Penggerak PKK Rembang dan Bank Indonesia melaksanakan suatu program “Kartini Mengajar, Kartini Mendampingi”.

Di mana dalam program tersebut diberikan materi di antaranya seperti manajemen keuangan, pelatihan membantik, sampai pemasaran berbasis online. Tak hanya itu, pihaknya juga meluncurkan buku silabus Kartini Mengajar, yang intinya untuk meningkatkan pemberdayaan ekonomi lokal untuk memudahkan perempuan berusaha dalam upaya penanggulangan kemiskinan di Jawa Tengah. Diharapkan, nantinya program tersebut bisa menyebar ke daerah lainnya di Jawa Tengah.

Dalam kesempatan itu, panitia juga memberikan penghargaan kepada enam orang lainnya pada kategori Best Indonesian Leader Award 2019. Mereka adalah Mochamad Herviano Widyatama sebagai Founder Mochamad Herviano Foundation (MHF) Jakarta, Aleta Da Costa, sebagai Direktur Pemasaran PT Bank Maluku Maluku Utara, Eko Hariyadi Budiyanto, President Director of PT Pelindo Marine Service, Surabaya, Dodi Dharma Cahyadi Kepala UPBU APT Pranoto, Samarinda, Provinsi Kalimantan Timur, Atna Tukiman, Ketua Umum KSP Bhina Raharja Rembang, Provinsi Jawa Tengah, serta Trisila Juwantara sebagai Owner PT Yuasa Food Berkah Makmur, Wonosobo, Jawa Tengah.

Ari “Wiwiek” Wibowo, Ketua FKWI mengatakan, apresiasi kepada mereka yang memiliki prestasi merupakan tugas sosial kita bersarma. Diharapkan dengan memberi penghargaan kepada mereka akan menularkan nitai-nilai inspiratif kepada yang lain.

“Dunia ini harus banyak diisi orang-orang yang positif dan inspiratif agar kehidupan tidak layu. Karena itulah Anugerah Kartini Award dan The Best Indonesian Leader 2019 hadir untuk mendorong munculnya sosok-sosok positif inspiratif yang bertebaran di mana-mana dengan beragam latar belakang,” tegasnya.

Dalam kancah peradaban, pers memiliki fungsi dan peran yang tidak ringan. Pers berfungsi sebagai penyalur informasi kepada publik, pers juga memiliki tugas menghibur, kemudian pers juga sebagai kontrol sosial sehingga kedudukan
pers sangatlah tinggi, yakni pilar keempat demokrasi.

“Satu lagi tugas dan fungsi pers adalah mendidik masyarakat. Tugas dan peran itu tentu bisa dijalankan dalam bentuk karya-karya jurnalistik, tetapi juga bisa diwujudkan dalam bentuk kinerja yang lain. Acara Anugerah Kartini Award dan The Best Indonesian Leader 2019 ini juga bagian dari kerja pers yang mendidik,” tandasnya.(HS)

Tanggal 4 Mei PSIS Uji Coba Versus Arema di Stadion Kanjuruhan Malang

Gandeng 25 SMK di Jateng, Marimas Terus Sosialisasikan Program Ecobricks