in

Enam Tuntutan Buruh Saat Aksi May Day di Jateng

Aksi May Day Serikat Buruh di depan Kantor Gubernur dan DPRD Provinsi Jawa Tengah, Senin (1/5/2023).

HALO SEMARANG – Serikat buruh menggelar aksi unjuk rasa serentak di sejumlah daerah di Jawa Tengah, Senin (1/5/2023). Kegiatan ini dilakukan dalam rangka memperingati May Day atau Hari Buruh Internasional.

Di Jawa Tengah, aksi terpusat digelar di depan Kantor Gubernur dan DPRD Provinsi Jawa Tengah. Selain Jawa Tengah, Aksi May Day di tahun 2023 ini juga berlangsung serentak di DKI Jakarta maupun di masing-masing ibu kota provinsi di Indonesia.

Ketua Exco Provinsi Partai Buruh Jateng, Aulia Hakim mengatakan, ada enam tuntutan dalam aksi unjuk rasa yang diikuti oleh para buruh. Tuntutan pertama yakni permintaan dicabutnya UU Omnibus Law Cipta Kerja dan Kesehatan.

“Sejatinya peringatan May Day adalah perjuangan yang saat ini masih kita lakukan khususnya pencabutan Omnibus Law UU Cipta Kerja,” ujarnya dalam keterangan yang diterima.

Selanjutnya yakni Pemerintah didesak untuk mengesahkan RUU Perlindungan Pekerja Rumah Tangga (PPRT). Kemudian pemerintah wajib mewujudkan Reforma Agraria dan Kedaulatan Pangan. “Kedaulatan pangan yang kami maksud seperti yang dikembangkan Serikat Petani Indonesia (SPI) sebagai bagian dari Partai Buruh,” jelasnya.

Lalu pemerintah diminta untuk mencabut Undang-Undang terkait Parliamantary Treeshold 4 persen. “Parliamentary threshold dan presidential threshold menurut kami menghidupkan kembali demokrasi terpimpin dan mempertahankan oligarki partai politik. Dalam simulasi bilamana partai politik dalam Pemilu 2024 mendapatkan 30-40 kursi di DPR RI, maka ada kemungkinan tidak lolos parliamentary threshold. Karena meskipun mendapatkan 30 – 40 kursi DPR RI, tetapi bisa saja suara yang didapat di bawah 4% suara sah nasional,” terangnya.

Yang terakhir masyarkat wajib memilih Presiden 2024 yang berpihak kepada buruh dan pekerja lainnya. Menurutnya, semua tuntutan ini harus tercapai agar masyarakat sejahtera.(HS)

Antisipasi Kampanye Pemilu, Bawaslu Turun ke Aksi May Day di Depan Kantor Gubernur Jateng

Banyak Kasus Kekerasan yang Diungkap Tuntas, Gus Yusuf Apresiasi Kinerja Polri