in

Enam Narapidana Lapas Riau Dipindahkan ke Nusakambangan

Petugas Lapas Batu menandatangani berita acara serah terima narapidana dan pemindahan dokumen narapidana/dok.

 

HALO SEMARANG – Enam narapidan mantan pegawai Lapas Riau dipindahkan ke Lapas Kelas I Batu Nusakambangan. Mereka dibawa bus Transpas dan tiba di LP Batu pada Jumat (19/2/2021) pukul 15.15 WIB.

Tim penjemputan kemudian membawa Dianri Ferinur, Eka Prasetia, Sanu Hugo, Joel Francis Manurung, Ilhamsyah, dan Muhamad Yatim ke dalam Lapas. Petugas penjaga pintu utama (P2U) melakukan pemeriksaan data melalui mesin body scanner.

Selanjutnya narapidana diarahkan ke ruang kunjungan untuk dilakukan pencukuran rambut, pemeriksaan kesehatan, dan penggantian baju.

Pemindahan enam mantan pegawai Lapas Riau ke Nusakambangan dilaksanakan berdasarkan surat Direktur Jenderal Pemasyarakatan (Dirjenpas) pada 11 Februari 2021, tentang persetujuan pemindahan enam narapidana mantan pegawai pemasyarakatan.

‘’Pemindahan narapidana mantan pegawai Lapas ke Nusakambangan merupakan bentuk komitmen pimpinan dalam hal ini Dirjenpas yang tidak memandang latar belakang narapidana untuk dipindahkan dan dibina di Lapas Nusakambangan,’’ ujar Kepala Divisi Pemasyarakatan Jateng Meurah Budiman.

Meurah menegaskan hal ini penting sebagai contoh bagi petugas pemasyarakatan lain agar tidak main-main dengan narkoba baik sebagai pemakai, perantara, apalagi menjadi pengedar narkoba di lingkungan kerjanya.

Dia menambahkan Menteri Hukum dan HAM dan Dirjenpas akan memberi sanksi bagi pegawai Lapas yang terlibat narkoba. Jika terbukti bersalah, langsung dijatuhi hukuman disiplin berat berupa pemberhentian tidak dengan hormat dari PNS sesuai PP No 53 Tahun 2010 tentang Hukuman Disiplin PNS.(HS)

Share This

Bangga Dua Anaknya Bersaing di MotoGP

Akhiri Kemandulan, Tambah Percaya Diri