in

Empat TPU Pemkot Semarang Overload, Disperkim Perluas Area Makam

Suasana pemakaman Covid-19 di TPU Jatisari Semarang.

 

HALO SEMARANG – Luasan area kosong tempat pemakaman umum (TPU) Jatisari, Kecamatan Mijen, Kota Semarang saat ini makin menyempit karena banyak area yang kini sudah terpakai. Hingga akhir tahun 2020, TPU yang juga diperuntukkan untuk pemakaman pasien Covid-19 yang meninggal ini diprediksi tersisa hanya 600 lubang untuk makam.

Kepala Seksi Penyelenggaraan Pemakaman Disperkim Kota Semarang, Djuniadi mengatakan, di makam TPU Jatisari yang sudah dipakai itu tiga hektare dari total luasan 13 hektare.

“Nah dari tiga hektare yang dipakai itu dalam hitung-hitungan kami tinggal menampung sekitar 600 lubang untuk pemakaman,” ungkapnya, Jumat (11/6/2021).

Dia menjelaskan, awalnya TPU tersebut merupakan pemakaman untuk umum. Kemudian, melihat areanya yang luas, TPU dijadikan pemakaman pasien Covid-19 yang meninggal dunia.

“Setahun masa pandemi Covid-19 ini, setidaknya sudah menampung 500-an orang yang meninggal karena Covid-19,” kata dia.

TPU Jatisari, terang dia, sedikit berbeda dengan yang lainnya. Sebab kontur tanahnya berbatu dan keras berpadas. Sehingga membuat kesulitan menggalinya bila hanya dengan tenaga manusia.

“Padahal satu hari minimal menyiapkan empat lubang makam saat awal-awal pamdemi Covid-19 di Indonesia Maret 2020 lalu. Saat ini rata-rata dalam empat hari menyiapkan satu lubang makam. Tapi Juni 2021 ini kasus kematian akibat Covid-19 naik lagi,” terangnya.

Disperkim juga telah meminta bantuan untuk bisa menggunakan alat berat eskavator untuk menyiapkan lubang makam. Lalu selanjutnya dirapikan dengan tenaga manusia.

Area TPU Jatisari tersebut masih memiliki setidaknya lahan seluas 10 hektare lagi. Namun letak geografisnya melewati jurang, maka harus ada upaya yang berbeda.

“Harus ada biaya untuk konstruksi jembatan sebagai infrastrukturnya. Maka masih kami upayakan untuk membuatkan jalan,” pungkasnya.

Seperti diketahui, ada empat makam yang saat ini overload tidak bisa digunakan untuk pemakaman warga. Yaitu, TPU Bergota Randusari, TPU Dadapan Sendangmulyo, TPU Trunojoyo Banyumanik dan TPU Sompok/Kesambi Peterongan.(HS)

Share This

Chacha Frederica Pamerkan Kelihaiannya Memasak Di Depan Forkopimda Dan Tim BKP RI

Mandi Di Pantai Lengkong, Seorang Remaja Terseret Ombak