in

Empat Kota di Jateng Mendapat Predikat Kota Paling Toleran, Ganjar: Semoga Makin Banyak

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

HALO SOLO – Jawa Tengah menjadi provinsi dengan kota paling toleran terbanyak di Indonesia. Dari 10 kota paling toleran di Indonesia versi SETARA Institute, empat di antaranya berasal dari Jawa Tengah.

Empat kota tersebut yaitu, Kota Salatiga (urutan kedua), Kota Surakarta (ururan empat), Kota Semarang (urutan tujuh) dan Kota Magelang (urutan sepuluh).

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo mengaku senang dengan capaian itu. Ganjar berharap, semakin banyak daerah lain yang toleran di Jawa Tengah dan juga di seluruh Indonesia.

“Iya, mudah-mudahan akan semakin banyak kota toleran di Indonesia. Kalau nggak salah, nomor satu Singkawang ya, kedua Salatiga dan Solo juga masuk,” kata Ganjar usai mengecek persiapan Paskah di Gereja Santo Antonius Surakarta, Sabtu (8/4/2023).

Dengan banyaknya kota toleran, maka Indonesia bisa semakin berperan dalam membangun kedamaian di bumi. Di mana semua masyarakat dari berbagai latar belakang agama, ras, suku dan golongan bisa hidup berdampingan dengan saling menghormati dan menghargai satu sama lain.

“Mau beda agama, suku, ras dan golongan nggak masalah. Kalau semua toleran, pasti membikin hidup kita nyaman semuanya,” pungkasnya.

Seperti diketahui, SETARA Institute merilis laporan Indeks Kota Toleran (IKT) 2022. Terdapat 10 kota dengan skor toleransi paling tinggi dari 94 kota yang menjadi objek kajian. Predikat pertama kota paling toleran di Indonesia diraih Singkawang, kedua Salatiga, dan ketiga Bekasi.

Sementara urutan empat adalah Surakarta, kelima Kediri, keenam Sukabumi, ketujuh Semarang, kedelapan Manado, kesembilan Kupang dan kesepuluh Magelang.

Sementara itu pada laporan Indeks Kota toleran (IKT) 2021, dari 10 kota paling toleran yang dirilis, 3 diantaranya juga dari Jawa Tengah. Tiga daerah tersebut yakni Kota Salatiga, Kota Magelang dan Kota Surakarta.(HS)

Ganjar Cek Persiapan Misa Paskah di Gereja Santo Antonius; Sudah Siap, Kita Doakan Lancar

Polisi Selidiki Temuan Ribuan KIP Dijual ke Rongsokan di Banten