in

Elektabilitas Ganjar Tinggi, Begini Kata Bambang Pacul

 

Ketua DPP PDI Perjuangan Bidang Pemenangan Pemilu, Bambang Wuryanto saat diwawancara wartawan di Panti Marhaen, kantor DPD PDI Perjuangan Jateng, Selasa (11/5/2021) malam.

 

HALO SEMARANG – Sejumlah lembaga survey merilis elektabilitas Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo termasuk tinggi dan masuk sejumlah nama potensial untuk menjadi Capres pada 2024.

PDI Perjuangan sebagai partai yang mengusung Ganjar Pranowo di Pilgub Jateng, menganggap elektabilitas tinggi menurut lembaga survey saat ini belum menjadi jaminan memperoleh rekomendasi PDI Perjuangan untuk maju Pilpres 2024.

Ketua DPP PDI Perjuangan Bidang Pemenangan Pemilu, Bambang Wuryanto menyebut, elektabilitas Ganjar yang tinggi menurut lembaga survey hanyalah buah dari pemberitaan (news).

Pemberitaan tersebut kemudian diramaikan, dibaca orang, disebarkan melalui media sosial (medsos), sehingga menghasilkan popularitas dan elektabilitas.

“Itu hanya buah dari sebuah news, pemberitaan. News ini dimention, ada yang mengutip, diramaikan, kemudian dibaca orang, jadi news, mention, reach (jangkauan), kemudian menghasilkan popularity (popularitas), dan electability (elektabilitas),” katanya saat diwawancara di Panti Marhaen, kantor DPD PDI Perjuangan Jateng, Selasa (11/5/2021) malam.

Pria yang akrab disapa Bambang Pacul ini menambahkan, hal itu merupakan jurus umum yang biasa dipakai dan merupakan bentuk “perang udara”. Perang udara tersebut, lanjutnya, hanyalah salah satu dari banyak strategi pertempuran politik.

Ketua DPD PDI Perjuangan Jateng tersebut mengatakan, dalam pertempuran politik juga dibutuhkan “perang darat” perang artileri, dan strategi perang lainnya.

Saat ini perang darat belum dilakukan karena belum ada calon presiden (capres) yang secara tegas menyatakan akan maju.

“Mungkin peta politik jelang Pilpres akan mulai terlihat pada 2022 nanti. Karena saat itu tahapan-tahapan sudah mulai dipersiapkan. Kalau saat ini masih belum,” tegas Sekretaris Fraksi PDI Perjuangan DPR RI tersebut.

Bambang Pacul juga menambahkan, PDI Perjuangan akan sangat mendukung dan mensupport kadernya sesuai tugas yang diberikan. Ganjar Pranowo saat ini ditugaskan oleh partai sebagai Gubernur Jateng, dan PDI Perjuangan sangat mendukung program-programnya sebagai gubernur.

“Namun untuk wacana Pilpres itu belum ada. Jadi harus dipahami, saat ini PDIP menugaskan Ganjar Pranowo sebagai Gubernur Jateng dan PDIP akan mendukung semua program di Jateng. Itu saja dulu,” katanya.

Sebelumnya, nama Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo disebut masuk di urutan atas nama tokoh yang berpotensi maju di pencalonan Presiden 2024 menurut sejumlah lembaga survey. Nama lain yang muncul di antaranya Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Menhan Prabowo Subianto.(HS)

Share This

Jelang Lebaran, Pasar Kembang di Weleri Dipadati Warga

Kurang Satu Hari, Stok Kebutuhan Pangan Di Jateng Aman