in

Efek Perwal Zonasi Bebas Air Tanah, Pelanggan Premium PDAM Capai 20 Persen

Direktur Utama PDAM Tirta Moedal, Yudi Indardo, baru-baru ini.

HALO SEMARANG РPersentase jumlah pelanggan kategori premium Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Moedal Kota Semarang meningkat signifikan  dimana hingga saat ini telah mencapai 20 persen. Peningkatan dinilai efek dari diterbitkannya Perwali Kota Semarang tentang Zonasi Bebas Air Tanah Nomor 23 Tahun 2023 dan launching pelayanan premium oleh PDAM beberapa waktu lalu.

“Angka pelanggan premium kita bergerak di angka 20 persen, yaitu seperti mal, hotel, pelaku industri karena adanya dampak keluarnya Perwali Kota Semarang tentang Zonasi Bebas Air Tanah,” kata Direktur Utama PDAM Tirta Moedal, Yudi Indardo, baru-baru ini.

Dalam Perwali tersebut, lanjut Yudi, di antaranya menyatakan bahwa jika industri hotel maupun mal dibangun di wilayah kritis dan dilewati jaringan PDAM maka tidak diberikan ijin untuk penggunaan air tanah, kecuali hanya bisa memakai air PDAM. Dan ijin pengambilan Air Bawah Tanah (ABT) di Kota Semarang minimal 100 kubik perbulan.

“Selebihnya itu, harus punya ijin pengambilan air tanah atau memakai air PDAM,” ungkapnya.

“Sedangkan untuk ijin pengambilan air tanah dikeluarkan oleh Pusat Tata Lingkungan dan Geologi (PTAL) Kementerian ESDM. Untuk sanksinya jika masih ada yang melanggar diberikan oleh provinsi, kita nanti lapor ke provinsi,” sambungnya.

Pihaknya mengaku, telah menyurati pihak pengusaha, pengembang perumahan, apartemen untuk memakai air PDAM yang menggunakan lebih dari 100 kubik per bulan.

“Perumahan kalau dibilang bagus harus punya koneksi saluran PDAM-nya, bahkan kita surati dan layani. Apartemen juga sudah kita surati untuk menjadi pelanggan PDAM, termasuk gedung mal baru ijin pengambilan air tanah di kita karena lokasi dibangun berada di wilayah kita. Bahkan, kalau itu keluar ijin air bawah tanah itu hal yang ilegal,” pungkasnya. (HS-06)

Polri Tegas Bakal Tindak Anggota yang Langgar Netralitas

Tekan Inflasi, Operasi Pasar di Jateng akan Ditingkatkan