in

Edukasi Perikanan Sejak Dini, DKP Kendal Ajak Murid TK Belajar di Balai Benih Ikan

Para murid TK Tamanrejo, Kecamatan Limbangan, diberikan edukasi cara memberi makan ikan di Balai Benih Ikan Boja, Rabu (26/10/2022).

HALO KENDAL – Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Kendal memberikan edukasi perikanan kepada para murid taman kanak-kanak (TK) ABA 01 Tamanrejo, Kecamatan Limbangan, Rabu (26/10/2022).

Kegiatan dilaksanakan di Balai Benih Ikan Dinas Kelautan dan Perikanan Kendal di Desa Purwogondo, Kecamatan Boja.

Para murid TK berkeliling lokasi balai benih ikan itu dengan antusias. Mereka didampingi petugas, yang juga menerangkan kepada anak-anak tentang berbagai jenis ikan yang ada di kolam balai benih ikan.

Selain menunjukkan berbagai contoh jenis ikan hidup yang dikembangkan di balai benih ikan seperti ikan terapi, ikan gurami, ikan nila, ikan mas, ikan patin, ikan lele dan sebagainya. Anak-anak pun juga terlihat bersemangat melihat-lihat berbagai jenis ikan.

Petugas juga mengajari anak-anak bagaimana cara memberikan pakan kepada ikan-ikan yang ada di kolam tersebut. Sehingga membuat anak-anak terlihat gembira ketika diajak untuk memberikan pakan kepada ikan-ikan yang ada di kolam balai benih ikan.

Petugas Teknis Balai Benih Ikan Boja, Jati Setiono mengatakan, pihaknya menyambut baik kunjungan dari murid TK Tamanrejo Limbangan. Menurutnya kegiatan ini dalam rangka edukasi perikanan kepada para murid TK.

Hal ini menurutnya, untuk memperkenalkan berbagai jenis ikan dan cara budidayanya kepada anak-anak sejak dini, supaya mereka tau bagaimana proses pemeliharaan ikan mulai dari bibit hingga besar.

“Kami memberikan edukasi atau pemahaman kepada anak-anak, berbagai jenis ikan dan cara budidayanya secara langsung. Baik cara pemberian makan dan pemeliharaan ikan,” terang Jati.

Dirinya juga berharap, kegiatan seperti ini bisa menyasar kepada masyarakat, dalam membudidaya ikan air tawar.

“Harapannya masyarakat bisa belajar di balai benih ikan, cara membudidaya ikan air tawar. Sehingga setelah pengenalan, kemudian masyarakat bisa tertarik untuk membudidaya ikan, khususnya air tawar,” ungkap Jati.

Sementara Guru Pendamping TK ABA 01 Tamanrejo, Kecamatan Limbangan, Tri Nur Muzaenatun mengatakan, kegiatan edukasi perikanan diikuti 35 siswa.

Hal ini dilakukan, supaya para murid TK bisa tahu bahwa ikan merupakan salah satu jenis pangan sumber protein hewani yang sangat penting untuk kelangsungan hidup manusia.

Oleh karena itu, pihaknya merasa perlu memperkenalkan berbagai jenis ikan dan cara budidayanya kepada anak-anak sejak dini. Supaya mereka tau bagaimana proses pemeliharaan ikan mulai dari bibit sampai bisa terhidang di meja makan.

“Supaya para murid tau, bahwa ikan yang disantap, perlu proses panjang. Mulai dari pembibitan, kemudian pemeliharaan hingga diolah menjadi lauk pauk,” ungkap Tri. (HS-06)

Laba Bersih Kuartal III 2022 Bank Mandiri Tembus Rp 30,7 Triliun

Satu Emas dan Satu Perunggu Diraih Kendal dalam Kejurprov NPCI 2022