in

Edukasi Mengenai Kenakalan Remaja,Bahaya Narkoba dan Rambu-Rambu Lalu Lintas di SDN Banyuaeng

Mahasiswa KKN Unnes Giat 6 mengadakan sosialisasi dan edukasi kenakalan remaja, bahaya narkoba, dan rambu-rambu lalu lintas di SDN Banyuaeng, Kecamatan Karangnongko, Kabupaten Klaten, Sabtu (11/11/2023).

HALO SEMARANG – Mahasiswa KKN Unnes Giat 6 mengadakan sosialisasi dan edukasi kenakalan remaja, bahaya narkoba, dan rambu-rambu lalu lintas di SDN Banyuaeng, Kecamatan Karangnongko, Kabupaten Klaten, Sabtu (11/11/2023).

Kegiatan ini penting untuk memberikan pemahaman dan pengetahuan kepada siswa SDN Banyuaeng, supaya mereka bisa menghindari perilaku negatif dan menjaga keselamatan mereka.

“Tujuan kegiatan ini agar siswa dan siswi di SDN Banyuaeng menyadari betapa pentingnya edukasi sejak dini tentang kenakalan remaja, bahaya narkoba, dan aturan lalu lintas. Dengan demikian, mereka dapat memahami pentingnya mengambil keputusan yang bijaksana dan menghindari bahaya yang mungkin mengancam masa depan mereka,” kata Ketua Kelompok KKN Unnes Desa Banyuaeng, Rama Ridial.

Dalam sosialisasi kenakalan remaja, pihaknya berupayamemberikan pemahaman kepada anak-anak tentang perilaku negatif yang harus dihindari. Mahasiswa KKN mengadakan sosialisasi yang berjudul “Konsekuensi Kenakalan Remaja”.

“Melalui pendekatan yang interaktif dan mendidik, para siswa diberikan pemahaman tentang pentingnya memilih teman yang baik dan menjaga diri dari godaan yang merugikan,” ujarnya.

Mengenai edukasi bahaya narkoba, hal ini membantu siswa memahami efek buruk yang dapat ditimbulkan oleh narkoba terhadap kesehatan dan masa depan mereka.

Menurut dia, mahasiswa KKN dalam sosialisasi “Anti Narkoba Di Lingkungan Sekolah Untuk Membangun Generasi Bebas Narkoba” menjelaskan jenis-jenis narkoba dan dampaknya. Selain itu juga cara untuk menghindari penyalahgunaan narkoba.

Para siswa juga diajak untuk memahami bahwa narkoba dapat merusak kesehatan, hubungan sosial, dan prestasi akademik mereka. Ada pula strategi untuk mengatasi tekanan dari teman sebaya dan cara meminta bantuan, jika mereka atau orang lain terlibat dalam penyalahgunaan narkoba.

Terkait rambu-rambu lalu lintas, Rama mengajarkan siswa tentang aturan dan tanda-tanda yang harus diikuti saat berlalu lintas. Siswa SDN Banyuaeng ini belajar sambil bermain, serta ada permainan menebak rambu-rambu lalu lintas.

Mahasiswa KKN Unnes juga mengajarkan arti dan makna setiap rambu-rambu lalu lintas, tanda-tanda, dan peraturan yang harus diikuti. Mereka diberikan pemahaman tentang pentingnya keselamatan dalam berlalu lintas, termasuk penggunaan trotoar, menyeberang di zebra cross, dan memahami tanda-tanda dari pengemudi kendaraan.(HS)

Jasa Raharja Jamin Seluruh Korban Kecelakaan Minibus yang Terseret Truk Tronton di Mukomuko, Bengkulu

Mahasiswa Unnes Sosialisasikan Kerugian Penggunaan Rokok Ilegal Terhadap APBDes