DWP DPUPR Jepara Resmikan Komunitas Donor Darah “Sedulur Sinorowedi”

Dharma Wanita Persatuan (DWP) Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (DPUPR) Jepara, menggelar aksi donor darah, sekaligus meresmikan komunitas donor darah Sedulur Sinorowedi. (Foto : Jepara.go.id)

 

HALO JEPARA – Dharma Wanita Persatuan (DWP) Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (DPUPR) Jepara, menggelar aksi donor darah, sekaligus meresmikan komunitas donor darah Sedulur Sinorowedi.

Kegiatan sosial kemanusiaan dalam rangka memperingati HUT Ke-472 Kabupaten Jepara ini, diharapkan bisa membantu masyarakat yang membutuhkan.

Ketua DWP DPUPR Jepara, Erna Widi Nuraini Ari Bachtiar, Jumat (9/4) mengatakan pihaknya tidak menggelar lomba dan kreativitas seni, untuk memperingati HUT Jepara. Hal itu lantaran wabah Covid-19 belum usai.

Namun demikian DWP DPUPR tetap berupaya menggelar kegiatan untuk membantu sesama manusia, seperti aksi donor darah ini.

“Hari jadi Jepara kita peringati penuh dengan keprihatinan. Kita ingin hadir dan membantu sesama,” kata dia, seperti dirilis Jepara.go.id.

Aksi kemanusiaan tersebut, diikuti staf DPUPR dan masyarakat umum. Kali ini PMI mendapatkan 43 kantong darah. Masih ada beberapa anggota, yang belum bisa menjadi donor darah, antara lain karena belum memenuhi syarat kesehatan.

Terkait dengan komunitas Sedulur Sinorowedi, mengandung arti meskipun bukan saudara kandung, tetapi keberadannya mampu melebihi saudara kandungnya. Siap menolong siapa saja tanpa pamrih.

“Inilah yang kita ambil dari sosok Sinorowedi,” kata dia.

Diharapkan komunitas pendonor darah binaan DWP DPUPR ini bisa membantu masyarakat dengan senang hati, seperti halnya membantu saudaranya sendiri. Sementara ini sudah ada 55 anggota pendonor. Jumlah ini akan terus bertambah seiring berjalannya waktu.

Disampaikan, saat pandemi ini stok darah di PMI Jepara semakin berkurang, ditambah lagi menjelang bulan Ramadan. Di sisi lain, kebutuhan darah semakin banyak. Pasien di Rumah Sakit yang membutuhkan darah tidak dapat dihindarkan.

“Rencana kita akan melaksanakan satu tahun 3 kali donor darah. Setiap bulan April, Agustus, dan Desember,” kata dia.

Kepala DPUPR Jepara Ari Bachtiar mengatakan, kegiatan sosial ini dapat berjalan berkesinambungan. Tidak hanya berkala tapi siap dibutuhkan kapan saja, jika ada masyarakat yang membutuhkan.

“Semoga ini dapat memberikan manfaat yang lebih, untuk masyarakat Kota Ukir,” katanya. (HS-08)

bawah-berita-dprd-semarang
Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.