in

Duta Genre 2021 Cilacap Diajak Sosialisasikan Pencegahan Stunting

Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji meyerahkan piala dan piagam kepada para juara Duta GenRe Kabupaten Cilacap Tahun 2021, di Hotel Sindoro, Rabu (16/6). (Foto : Cilacapkab.go.id)

 

HALO CILACAP – Kepala BKKBN Jawa Tengah, drg Widwiono mengajak seluruh finalis dan pemenang Duta GenRe Kabupaten Cilacap Tahun 2021, untuk aktif menyosialisasikan mengenai stunting kepada masyarakat.

“Lebih dari 50% penduduk Indonesia, pernah mengalami stunting, yaitu tumbuh tidak semestinya. Bisa jadi lebih pendek atau kecil tubuhnya dan terganggu perkembangan otaknya. Tugas kalian untuk memberi tahu teman-teman dan masyarakat, mengenai ini dan cara mencegahnya.” kata Widwiono dalam sambutannya, pada puncak acara Pemilihan Duta Generasi Berencana (GenRe) 2021, di Hotel Sindoro, Rabu (16/6). Pemilihan Genre 2021, digelar Dinas Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Cilacap.

Dalam sambutannya, Bupati Cilacap mengajak para finalis dan remaja di Cilacap, untuk ikut berpartisipasi dalam pembangunan kabupaten, dengan menjadi remaja yang memiliki keahlian.

“Kegiatan ini adalah untuk mempersiapkan remaja atau young generation yang memiliki skill, membantu pembangunan dan menjadi icon remaja yang baik serta bisa mengajak yang lain untuk menjauhi hal-hal yang bisa merusak masa depan.” kata Bupati, seperti dirilis Cilacapkab.go.id.

Bupati juga mengimbau dan memberikan nasehat untuk bergaul dan membentuk lingkungan yang baik, yang berisi orang-orang yang mau maju, mau berkembang dan mau sukses.

Pemilihan Duta GenRe bertujuan menyosialisasikan bahwa keluarga adalah segala-galanya. Duta yang terpilih akan menjadi role model sebagai remaja yang memiliki rencana dalam hidupnya dan menjadi perpanjangan tangan pemerintah untuk memberikan edukasi, konseling dan mencegah pernikahan anak, seks pranikah serta narkotika, psikotropika, dan zat adiktif (napza).

Dua perwakilan Cilacap Tengah, Bimo Sulistyo Wibowo dan Octavia Allamanda, berhasil mendapatkan Juara 1 dan menjadi Duta GenRe Kabupaten Cilacap tahun 2021.

Juara 2 diraih oleh Rahmat Subur Santoso dari Binangun dan Tabriza Aqila Taqiyya dari Cilacap Tengah.

Adapun untuk Juara 3, diraih perwakilan Kecamatan Wanareja, M Fakhri Firdaus dan Kecamatan Cilacap Utara, Daffa Angelica Kusumah.

“Setelah terpilih sebagai Duta GenRe 2021, saya ingin mengubah mindset remaja di Indonesia khususnya di Cilacap agar terhindar dari hal-hal negatif dan lebih produktif lagi.” Kata Bimo, Pemenang Duta GenRe Putra Kabupaten Cilacap tahun 2021

Octavia juga berharap dengan dipilihnya dirinya sebagai Duta GenRe Putri Kabupaten Cilacap tahun 2021 bisa membuat remaja menjadi calon penerus bangsa dan generasi emas pada masa Indonesia Emas tahun 2045.

Keduanya nanti akan menjadi wakil Kabupaten Cilacap, dalam ajang Pemilihan Duta GenRe Provinsi Jawa Tengah, yang kemudian perwakilan Jawa Tengah akan maju ke tingkat Nasional.

Sebagai informasi, Duta GenRe 2021 adalah gelaran ketiga sejak tahun 2019. Kriteria penilaiannya terdiri dari kemampuan public speaking, intelegensia dan attitude yang baik. Duta GenRe 2021 diikuti oleh 73 remaja rentang umur 16-22 di wilayah Kabupaten Cilacap. (HS-08)

Share This

Angkutan Air di Halte Sungai Serayu Akan Diuji Coba 20 Juni

Pemkab Cilacap Integrasikan Kekuatan Pemadam Kebakaran Dalam Satkar Taru