in

Dusun Nglurah Diresmikan Jadi Kampung Wisata Sewu Kembang

Didampingi Pegiat Kampung Wisata Sewu Kembang, Bupati Karanganyar hadiri Grebeg Dhukutan dan Launching Kampung Wisata ‘Sewu Kembang’ di Dusun Nglurah, Kecamatan Tawangmangu. Selasa (15/03/2022) (Foto : Karanganyarkab.go.id)

 

HALO KARANGANYAR – Bupati Karanganyar, Drs H Juliyatmono MM berharap masyarakat dari berbagai daerah, dapat berkunjung ke Kampung Wisata Sewu Kembang, di Desa Nglurah, Kecamatan Tawangmangu.

Pemerintah juga akan memfasilitasi kampung wisata ini, agar bisa dikembangkan dan dikenal sampai luar negeri.

Keinginan Bupati Karanganyar, Drs H Juliyatmono MM, agar Sewu Kembang lebih dikenal hingga mancanegara, disampaikannya saat menghadiri launching kampung wisata itu, yang dirangkai dengan acara adat Grebeg Dhukutan, Selasa (15/03).

Grebeg Dhukutan merupakan kegiatan bersih dusun, yang dilaksanakan setiap tujuh bulan.

Lebih lanjut menurut Bupati, di kawasan Kampung Wisata Sewu Kembang, sesuai namanya, masyarakat dapat menikmati keindahan koleksi tanaman hias. Hampir seluruh warga di desa itu memang merupakan petani tanaman hias. Dari mereka pula, pengunjung dapat membeli tanaman hias untuk dibawa pulang.

Selain koleksi tanaman hias, di desa wisata ini juga terdapat banyak potensi lain, termasuk mengunjungi tempat bersejarah, yakni Candi Menggung.

Sementara itu dalam rangkaian acara launching tersebut, sebelum masuk ke lokasi acara, Bupati Karanganyar dan rombongan terlebih dahulu berkeliling Desa Nglurah, dengan mengendarai jeep yang sudah disediakan.

Dalam mengelilingi Dusun Nglurah, Bupati Karanganyar mendapatkan sambutan hangat dari warga Dusun Nglurah.

Setiba di lokasi, rombongan disambut dengan Tari Jagung, yang dipentaskan oleh warga Dusun Nglurah. Tarian ini merupakan ungkapan rasa syukur warga, atas berkah yang diberikan oleh Tuhan Yang Maha Esa. Di ujung tarian, penari membagi-bagikan nasi jagung ke tamu undangan, sebagai simbol berbagi keberkahan.

Bupati Karanganyar menilai Dusun Nglurah merupakan salah satu destinasi wisata andalan di Kabupaten Karanganyar yang memiliki daya tarik tersendiri, yakni memiliki suasana yang syahdu dan indah.

Selain itu, Bupati Juliyatmono juga menyampaikan bahwa tradisi dapat dikemas menjadi wisata. Hal ini menjadi atraksi yang cukup menarik di Dusun Nglurah sendiri.

Kegiatan dilanjutkan dengan penandatanganan prasasti dan launching Kampung Wisata ‘Sewu Kembang’. Dilanjutkan pemotongan pita dalam rangka peresmian Situs Menggung menjadi objek wisata baru.

Camat Tawangmangu, Eko Joko Widodo SSos MM, melaporkan bahwa di Dusun Nglurah memiliki banyak potensi. Selain koleksi bunga hias, juga Candi Menggung, Telaga Asmara, Air Terjun Jurang Sundo, dan potensi budaya yakni Upacara Dhukutan. Di desa ini juga tersedia 12 homestay dan 10 unit jeep adventure. (HS-08)

Hadiri Tasyakuran, Bupati Resmikan Asrama Siswa MAN Kendal

Buka Pendidikan pada Pemilih Pemula, Bupati Sukoharjo Ajak Pelajar Berpolitik