in

Dukung Promosi Wisata, Dharma Wanita Rembang Berencana Gelar Event Rutin Dua Bulanan

Para anggota Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kabupaten Rembang, menggelar senam bersama di Pantai Karangjahe, Sabtu (27/8/2022). (Foto : rembangkab.go.id)

 

HALO REMBANG – Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kabupaten Rembang berencana ikut mengembangkan pariwisata, dengan menggelar kegiatan rutin setiap dua bulan di objek wisata di wilayahnya.

Rencana itu  disampaikan Ketua DWP Kabupaten Rembang, Tri Astuti Fahrudin, saat menghadiri rangkaian kegiatan Peringatan HUT Ke-77 Kemerdekaan RI, di Pantai Karangjahe, Sabtu (27/8/2022).

Selain bersih-bersih pantai, kegiatan yang diikuti ratusan anggota DWP dari seluruh organisasi perangkat daerah dan kecamatan di Kabupaten Rembang tersebut, diisi senam, berbagai lomba seperti estafet sarung dan kelereng.

Menurut Tri Astuti, objek wisata di Kabupaten Rembang tidak kalah menarik dibanding daerah lain, sehingga semua elemen harus turut menyosialisasikan potensi tersebut.

“Dharma Wanita berkeinginan turut menyosialisasikan ke masyarakat luas, bahwa Rembang mempunyai tempat wisata yang tidak kalah bagusnya dengan daerah lain. Jadi Insyaallah dua bulan sekali, saya akan mengajak anggota untuk mengadakan kegiatan di Pantai Wates, Balongan, dan lain-lain,” kata dia.

Untuk diketahui terdapat beragam objek wisata menarik di Kabupaten Rembang.

Di antaranya yang menjadi favorit warga untuk dikunjungi, adalah Pantai Karangjahe di Desa Punjulharjo Kecamatan Rembang; Pantai Pasir Putih Tasikharjo Kaliori; Pantai Balongan di Desa Balong Mulyo Kecamatan Kragan; dan Taman Rekreasi Pantai (TRP) Kartini.

Dari data Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Rembang, dalam masa libur Lebaran, 3 Mei sampai 10 Mei 2022 lalu, Pantai Karangjahe dikunjungi 56.176 wisatawan, Pantai Pasir Putih Tasikharjo 50.878 wisatawan, Pantai Balongan 33.988 wisatawan, dan TRP Kartini 24.728 wisatawan.

Pantai Karangjahe

Menurut informasi dari jadesta.kemenparekraf.go.id, daya tarik wisata Pantai Karangjahe menyuguhkan berbagai wahana, antara lain spot selife, perahu wisata,  perahu karet,  kereta wisata, dan atv. Selain itu juga ada fasilitas kuliner yang menyajikan oleh-oleh khas Desa Punjulharjo.

Di Pantai Karangjahe juga terdapat Situs Perahu Kuno Abad ke-VII, yang ditemukan dan dilestarikan di Desa Punjulharjo, mulai 2008 sampai sekarang.

Situs itu disebut penemuan situs perahu terlengkap se-Asia, dengan penelitian oleh Balai Arkeologi Yogyakarta dan semenjak itu dijadikan Daya Tarik Wisata dengan tujuan untuk pemberdayaan masyarakat lokal.

Pantai Balongan

Selain Karangjahe, di Rembang juga terdapat Pantai Balongan di Desa Balongmulyo Kecamatan Kragan, Kabupaten Rembang, lebih kurang 40 kilometer dari Kota Kabupaten Rembang ke arah Timur.

Di lokasi itu, terdapat hamparan Pantai Pasir Putih sepanjang 1,2 kilometer, menjadikan Balongan sebagai lokasi pantai terpanjang di Kabupaten Rembang.

Objek wisata tersebut juga makin indah dengan adanya ribuan pohon cemara di sepanjang tepi Pantai.

Masih luasnya lahan sepanjang pantai, juga dapat menjadi area outbount yang dapat mendukung aktivitas.

Pantai Wates

Di rembang juga terdapat Pantai Pasir Putih Wates, di desa wisata Tasikharjo, Kecamatan Kaliori.

Menurut informasi dari jatengprov.go.id, di pantai Wates terdapat hamparan pasir putih, memanjang membuat pantai tersebut begitu memesona.

Di lokasi objek wisata yang hanya berjarak sekitar 10 kilometer pusat Kota Rembang itu, tersedia beragam fasilitas, mulai dari tempat parkir yang luas, beraneka ragam warung penyedia menu makanan khas Rembang, hutan pohon cemara, spot foto instagramable, dermaga, hingga akses terdekat menuju Pulau Gede.

Pantai Kartini

Objek wisata pantai yang juga cukup terkenal, adalah Taman Rekreasi Pantai (TRP) Kartini.

Menurut informasi dari dinbudpar.rembangkab.go.id, TRP Kartini pada awalnya digunakan sebagai tempat pemantauan arus lalu lintas kapal, tempat para nelayan transit, dan juga pusat kegiatan sedekah laut bagi masyarakat setempat.

Lokasi TRP Kartini berada di kawasan kota, pada jalur jalan raya Semarang – Surabaya, dengan luas areal 17.190 meter persegi.

Taman Rekreasi Pantai Kartini dengan latar belakang pemandangan laut bisa digunakan tujuan rekreasi bersama keluarga karena tempat yang luas serta ditemani angin sepoi-sepoi.

Di samping itu di dalam taman ini terdapat kolam renang untuk dewasa dan anak anak serta terdapat kebun binatang mini sebagai sarana edukasi kepada pengunjung.

Fasilitas yang disediakan di tempat ini ada kamar mandi, pusat oleh-oleh, spot foto menarik, dan perahu wisata. (HS-08)

Semarak, Gebyar Kemerdekaan di Pasar Jepara II

Bank Klaten Ajak Anak-Anak Gemar Menabung