in

Dukung Percepatan Vaksinasi, Dindukcapil Kota Pekalongan Cocokkan Data E-KTP Warga Binaan Pemasyarakatan

Wali Kota Pekalongan, HA Afzan Arslan Djunaid SE berdialog dengan petugas Rumah Tahanan Kelas IIA Pekalongan, saat meninjau aktivitas para warga binaan di tempat itu. (Foto : Pekalongankota.go.id)

 

HALO PEKALONGAN – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dindukcapil) Kota Pekalongan melakukan pencocokan data e-KTP langsung terhadap 67 Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Rumah Tahanan Kelas IIA Pekalongan. Upaya ini dilakukan dalam rangka mendukung pelaksanaan penuntasan program vaksinasi Covid-19 bagi warga binaan lembaga pemasyarakatan.

“Dalam pelaksanaan vaksinasi dibutuhkan administrasi kependudukan yakni E-KTP atau NIK. Tetapi tidak sedikit yang memang belum memiliki NIK atau sudah mempunyai NIK, tetapi tidak memiliki KTP fisiknya,” kata Plt Kepala Dindukcapil, Drs Muadi MSi di lokasi, Rabu (18/8/), seperti dirilis Pekalongankota.go.id.

Dari hasil koordinasi dengan Rutan Pekalongan, ada sekitar 67 data kependudukan warga binaan yang diverifikasi ulang. Jika sudah memiliki NIK atau data belum tersimpan di data center pusat, maka akan dilakukan perekaman E-KTP.

“Akan kami cocokan untuk mempermudah pelaksanaan vaksinasi nantinya, termasuk untuk mendapatkan sertifikat vaksinasi. Pengecekan salah satunya dengan sidik jari ataupun iris mata,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Rutan Kelas IIA Pekalongan, Anggit Yongki Setiawan, mengucapkan terima kasih kepada Pemkot Pekalongan, yang sudah memfasilitasi kegiatan dan memberikan perhatian kepada warganya di Rutan Pekalongan.

Sebelumnya, sebanyak 206 warga binaan sudah mendapatkan suntikan dosis pertama vaksin Covid-19 melalui Dinas Kesehatan. Tetapi kemudian muncul kendala, karena ada 41 warga binaan yang belum memiliki NIK.

“Untuk Dosis II ini, harapannya para warga binaan sudah melakukan perekaman E-KTP dan memiliki NIK. Sehingga tidak ada kendala dalam pelaksanaan vaksinasinya,” kata Anggit.

Menurut Anggit bahwa adminitrasi kependudukan yakni E-KTP tidak hanya dibutuhkan pada saat vaksinasi saja. NIK dan KTP digunakan pula untuk keperluan lain yang membutuhkan administrasi kependudukan.

Dalam kesempatan tersebut, Wali Kota Pekalongan, HA Afzan Arslan Djunaid SE juga meninjau langsung proses perekaman E-KTP bagi WBP. Wali Kota Aaf juga menyempatkan untuk berkeliling dan melihat aktivitas para warga binaan di Rutan Kelas IIA Pekalongan. (HS-08)

Share This

Karang Taruna Weleri Salurkan Bantuan Sembako Untuk Anak Yatim

Jelang Pembaretan, Seluruh Anggota Satgas 3 Minusca Ikuti Ujian Bahasa Prancis