in

Dukung Pembelajaran Kreatif, Dosen USM Berikan Pelatihan Bagi Guru Madrasah

Pelatihan pengembangan proses pembelajaran oleh dosen Fakultas Teknologi Informasi dan Komunikasi (FTIK) Universitas Semarang.

 

HALO SEMARANG – Sebagian besar daerah telah menyelenggarakan pembelajaran tatap muka, namun tak sedikit daerah masih menerapkan pembelajaran jarak jauh. Guru dituntut untuk kreatif menyalurkan materi agar siswa mudah memahami.

Tiga dosen Fakultas Teknologi Informasi dan Komunikasi (FTIK) Universitas Semarang tergerak memberikan pelatihan pengembangan proses pembelajaran. Pelatihan bertajuk “Pengembangan Media Pembelajaran Audio Visual Menggunakan Camtasia Studio” diselenggarakan bagi guru-guru kelompok kerja madrasah (KKM) MA Ma’arif 03 Dan 04 Kabupaten Demak di Gedung Balai Diklat LP Ma’arif Kabupaten Demak, Rabu (22/9/2021).

Ketiga dosen tersebut yaitu, Dr Titin Winarti, SKom, MM, Khoirudin, SKom, MEng, dan Titis Handayani, SKom, MCs.

Menurut Titin Winarti, bagian Tim Pelatihan, kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan kemampuan guru membuat media pembelajaran yang menarik dalam kegiatan pembelajaran KKM MA Ma’arif Demak.

“Pembelajaran ini melatih skill guru dalam pembuatan video pembelajaran menggunakan Aplikasi Camtasia Studio agar bisa dimanfaatkan sebagai media pembelajaran,” ungkap Titin.

Dengan melibatkan mahasiswa, pelatihan tersebut diberikan kepada 36 guru perwakilan dari Madrasah Aliyah yang berada di bawah naungan LP Ma’arif Kabupaten Demak.

“Tenaga guru tergerus dengan adanya ruang guru, sekarang generasi muda mulai menerapkan teknologi informasi dalam pembelajaran, fungsinya menggali potensi siswa,” tambahnya.

Menurutnya, dengan adanya teknologi informasi akan mengubah kebiasaan manusia. Terlebih pelatihan ini dapat membantu untuk mengembangkan media pembelajaran secara kretaif.

“Kenapa menggunakan Camtasia studio karena dapat memberikan kemudahan dalam merekam semua kegiatan yang ada dilayar monitor, serta membantu editing serta publiaksi video dan audio untuk disimpan di dalam web, iPod, iPhone, dan YouTube,” tandasnya.(HS)

Share This

Ketua KONI Kota Semarang Tekankan Konsep Bergerak Bersama Untuk Majukan Olahraga Kota Semarang

Destinasi Wisata Kota Semarang Dituntut Miliki CHSE