in

Dukung Pasokan Oksigen di Jateng saat Pandemi, Bea Cukai Tanjung Emas Fasilitasi Importasi Isotank

Kegiatan Bea Cukai Tanjung Emas fasilitasi importasi isotank mendukung pasokan oksigen untuk penanganan Covid-19 di Jawa Tengah, Senin (16/8/2021).

 

HALO SEMARANG – Dukung penanganan Covid-19, Bea Cukai Tanjung Emas memfasilitasi importasi dua unit Isotank Pemerintah Provinsi Jawa Tengah guna memenuhi kebutuhan oksigen pada rumah sakit di seluruh Jawa Tengah, Senin (16/08/2021).

Peningkatan pandemi Covid-19 di Jawa Tengah menyebabkan terjadinya kenaikan penggunaan oksigen pada ICU serta ruang perawatan isolasi pada rumah sakit. Defisit ketersediaan oksigen sebesar 160.111 m3/hari atau 206 ton/hari yang sempat terjadi saat tingginya kasus Covid-19, mengakibatkan kesediaan oksigen di Jawa Tengah belum terpenuhi.

“Fasilitas Kepabeanan ini memang kami berikan jika memenuhi ketentuan dan digunakan sebagai penanggulangan Covid-19, semoga 2 unit isotank tersebut dapat memenuhi kebutuhan oksigen pada rumah sakit di Jawa Tengah,” kata Kepala Kantor Bea Cukai Tanjung Emas, Anton Martin dalam siaran persnya, Senin (16/8/2021).

Dikatakan Anton, bahwa importasi ini sesuai dengan PMK 92/PMK.04/2020 Peraturan Kementerian Keuangan (PMK) tentang Perubahan Ketiga Atas Peraturan Menteri Keuangan Nomor 34/PMK.04/2020 tentang Pemberian Fasilitas Kepabeanan dan/atau Cukai.

Serta Perpajakan atas Impor Barang untuk Keperluan Penanganan Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), mendapatkan fasilitas berupa pembebasan Bea Masuk dan/cukai, tidak dipungut Pajak Pertambahan Nilai atau Pajak Pertambahan Nilai dan dibebaskan dari pemungutan Pajak Penghasilan Pasal 22.

Pemerintah Provinsi Jawa Tengah melalui CSR PT Bank Jateng melakukan pembelian mobil Isotank ini dari PT Smart Technology Gas Singapura.

“Importasi ini dilakukan oleh PT Jateng Petro Energi (JPEN) yang ditunjuk oleh Pemerintah Provinsi Jawa Tengah. Melalui Fasilitas ini, Bea Cukai Tanjung Emas berharap mampu dimanfaatkan secara segera mengatasi maupun sebagai langkah preventif dalam menghadapi kasus kelangkaan oksigen di Jawa Tengah selama pandemi Covid-19,” pungkasnya.(HS)

Share This

Sampaikan Pidato di Sidang MPR, Presiden Jokowi : Pandemi Memacu Indonesia untuk Berubah

Proses PTSL Diduga Tak Sesuai Aturan, Warga Tawangmas Semarang Minta Pendampingan BKBH FH Unisbank