in

Dukung Ngarso Dalem, Ganjar Ajak Warga Jateng Menyanyikan Indonesia Raya

Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo.

 

HALO SEMARANG – Gagasan Gubernur Yogyakarta, Sri Sultan Hamengkubuwono X mengajak seluruh warga menyanyikan lagu Indonesia Raya pada peringatan Hari Kebangkitan Nasional 20 Mei besok, mendapat dukungan penuh Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

Melalui video singkat ‘Ruang Ganjar’ di chanel Youtube pribadinya, Ganjar Pranowo mengatakan mendukung 100 persen gagasan Ngarso Dalem itu dan akan menerapkannya di Jawa Tengah.

Tepat pada pukul 10.00 WIB Kamis (20/5/2021) besok, Ganjar meminta seluruh masyarakat Jawa Tengah mengambil sikap sempurna dan menyanyikan lagu Indonesia Raya.

“Terus terang, saya sangat terinspirasi dan mendukung seratus persen gagasan ini dan insya-Allah juga akan kita lakukan di Jawa Tengah. Pada pukul 10.00 besok di Hari Kebangkitan Nasional, ayo kita bersama-sama mengumandangkan lagu kebangsaan kita,” katanya.

Semua elemen masyarakat baik yang di perkantoran, di pasar, di rumah maupun yang ada di sekolah diminta untuk menyanyikan lagu Indonesia Raya secara serentak. Tak hanya sekadar bernyanyi, namun juga benar-benar menghayati setiap kata, setiap baris dari syair termahal di negeri ini.

“Sri Sultan mengajak kita untuk merasakan perjalanan Indonesia lewat lagu kebangsaan kita. Ini adalah momen yang sangat tepat untuk kita memompa lagi spirit kenegaraan kita, terutama, karena besok adalah hari Kebangkitan Nasional,” lanjutnya.

Dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya secara khidmad pada esok hari, hal itu merupakan wujud untuk meneladani dan menghargai perjuangan para pendahulu bangsa.

Sebab, mereka telah gagah berani menyuarakan berdirinya sebuah negara, ketika mayoritas orang di negeri ini belum tahu dan belum mengerti apa itu negara.

“Spirit nasionalisme dan kesatuan tekad itulah sebuah national staat bernama Indonesia akhirnya bisa berdiri,” tegasnya.

Dan tidak hanya di Hari Kebangkitan Nasional, di hari-hari selanjutnya, Ganjar mengajak seluruh masyarakat tetap melakukan hal yang sama. Setiap mendengar lagu Indonesia Raya berkumandang, semuanya diminta sejenak menghentikan aktivitas dan langsung mengambil sikap sempurna.

Dengan begitu, maka harapannya spirit nasionalisme semakin tumbuh dalam dada masyarakat. Akhirnya, hal itu bisa memperkuat kesadaran setiap warga pada persatuan kesatuan bangsa.

“Selain itu juga penting untuk menyadari arti pentingnya berbhinneka dan saling menghormati perbedaan di antara kita. Semoga laku ini menambah kewarasan kita dan kewarasan negara kita. Terimakasih,” pungkasnya.(HS)

Gara-gara Galon, Pelaku Pencurian Di Semarang Berhasil Dibekuk Polisi

Hendi Terima Plakat Penghargaan Pembina Kerukunan Umat Beragama