in

Dukung Mudik Lebaran, Kementerian PUPR Sediakan 146 Sarana Air Bersih dan Sanitasi

Foto : pu.go.id

 

HALO SEMARANG – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), menyediakan 146 sarana air bersih dan sanitasi di 46 titik se-Indonesia, dalam rangka mendukung mudik Lebaran tahun ini.

Hal itu disampaikan Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR, Diana Kusumastuti, di Jakarta, Rabu (19/4/2023).

“Ketersediaan air bersih dan sanitasi di titik posko jalur mudik, merupakan salah satu dukungan untuk memberikan kelancaran bagi para pengemudi yang melintas,” kata Diana.

Dia juga menyebut, kegiatan penyediaan sarana dan prasarana mudik Lebaran 2023 Kementerian PUPR ini dimulai sejak 17-26 April 2023 dan tersebar di 22 provinsi.

“Adapun penempatannya berada di posko-posko Siaga Sapta Taruna yang tersebar di rest area jalan tol maupun jalan non-tol, pelabuhan, terminal, bandara, kawasan wisata, dan kawasan potensial yang ramai dikunjungi masyarakat,” kata Diana, seperti dirilis tribratanews.polri.go.id.

Untuk meningkatkan layanan sarana dan prasarana tersebut, Kementerian PUPR juga mengerahkan 175 personel, tersebar di berbagai titik layanan yang bertugas selama 24 jam secara bergantian.

Secara rinci, sebaran armada sarana dan prasarana Kementerian PUPR, berada di Pulau Sumatera sebanyak 13 titik lokasi, yakni Provinsi Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Jambi, Bangka Belitung, Bengkulu dan Lampung, dengan sarana prasarana terdiri dari enam unit Mobil Toilet Kabin, delapan unit Mobil Tangki Air, empat unit Mobil Vacuum Tinja, 12 unit Toilet Portable, delapan unit Hidran Umum, dan 52 orang personel.

Pulau Jawa dengan 21 titik lokasi di Provinsi DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur, dengan sarana dan prasarana yang terdiri dari 23 unit Mobil Toilet Kabin, 14 unit Mobil Tangki Air, 10 unit Mobil Vacuum Tinja, 12 unit Toilet Portable, 26 unit Hidran Umum, dan 76 orang personel. Provinsi Bali sebanyak satu titik lokasi terdiri dari satu unit Mobil Toilet Kabin, satu unit Mobil Tangki Air, satu unit Mobil Vacuum Tinja, dan empat orang personel.

Provinsi Nusa Tenggara Barat terdapat satu titik lokasi dengan sarana dan prasarana yang terdiri dari satu unit Mobil Toilet Kabin, satu unit Mobil Tangki Air, satu unit Mobil Vacuum Tinja, dan empat orang personel. Pulau Kalimantan terdapat tiga titik lokasi pada Provinsi Kalimantan Utara dan Kalimantan Selatan terdiri dari satu unit Bis Toilet, dua unit Mobil Toilet Kabin, tiga unit Mobil Tangki Air, tiga unit Mobil Vacuum Tinja, satu unit Hidran Umum, dan 18 orang personel.

Pulau Sulawesi berada di tiga titik lokasi pada Provinsi Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat terdiri dari tiga unit Mobil Toilet Kabin, tiga unit Mobil Tangki Air, tiga unit Mobil Vacuum Tinja, satu unit Toilet Portable, dua unit Hidran Umum, dan 21 orang personel.

Pulau Maluku berada di dua titik lokasi yakni Provinsi Maluku dan Maluku Utara, dengan sarana dan prasarana terdiri dari satu unit Mobil Toilet Kabin, dua unit Mobil Tangki Air, satu unit Mobil Vacuum Tinja, dua unit Toilet Portable, dan 10 orang personel.

Terakhir di Provinsi Papua Barat berada di satu titik lokasi terdiri dari satu unit Mobil Toilet Kabin, satu unit Mobil Tangki Air, satu unit Mobil Vacuum Tinja, dan empat orang personel. (HS-08)

Bangun Performa Bagus, Tepikan Empat Besar

Kapolri dan Menhub Pastikan Pesawat Siap Terbang Layani Pemudik Lebaran