in

Dukung Kesetaraan Gender, Polri Tempatkan Polwan pada Jabatan Strategis

Kadiv Humas Polri, Irjen Dedi Prasetyo. (Foto : Humas.polri.go.id)

 

HALO SEMARANG – Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo, merotasi dan memutasi 120 personel Polri, termasuk sejumlah perwira tinggi (Pati) dan perwira menengah, di antaranya beberapa polwan. Kompolnas menilai kebijakan ini menunjukkan kesungguhan Kapolri terhadap isu pengarusutamaa gender.

“Penempatan Polwan merupakan komitmen bapak Kapolri terhadap kesetaraan gender,” kata Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo, dalam keterangannya di Jakarta, Selasa (21/6/2022), seperti dirilis Humas.polri.go.id.

Dedi menegaskan, Polri akan terus memberikan ruang bagi Polwan. Menurut Dedi, kesetaraan gender harus diperjuangkan instansi.

“Sejauh ini sejumlah Polwan sudah berpangkat perwira tinggi dan menempati jabatan operasional berisiko tinggi di Polri,” tuturnya.

Sebagai informasi, terdapat satu Polwan yang mendapat kenaikan pangkat menjadi Inspektur Jenderal (Irjen) bintang dua, yakni Brigjen Juansih, yang dipromosikan menjabat sebagai Widyaiswara Kepolisian Utama Tk 1 Sespim Lemdiklat Polri.

Kemudian satu Polwan yang diamanahkan sebagai Kapolres Bukittinggi, yakni AKBP Wahyuni Sri Lestari. Sementara satu Polwan lagi, promosi menjadi Kabag Penum Divisi Humas Polri, yaitu Kombes Nurul Azizah.

Selain itu, terdapat tiga Polwan yang menduduki jabatan strategis di wilayah, yakni AKBP dr Siti Nur Imanta yang dipromosi sebagai Karumkit Tk 2 Bandung Polda Jabar.

Adapun Polwan lain yang mendapat jabatan strategis, antara lain AKBP Titik Wahyuningsih sebagai Kabidkeu Polda Banten, Kombes Endang Sri Wahyu Utami; Kabidkeu Polda Bali, Kombes Heni; Kresnowati Kabidkeu Polda Jabar; dan Kombes Yuliani Kabidkum Polda Banten.

Apresiasi Kompolnas

Sementara itu langkah Kapolri untuk mempromosikan dan menempatkan polwan pada sejumlah jabatan strategis, mendapat apresiasi Komisioner Kompolnas, Poengky Indarti.

Poengky menilai, Sigit menunjukkan kesungguhan terhadap isu pengarusutamaa gender.

“Kompolnas mengapresiasi TR (Surat Telegram) baru yang memberikan ruang atau memberikan posisi-posisi strategis kepada perempuan, polwan. Dalam hal ini ada Brigjen Juansih menjadi irjen, ada dua irjen dari polwan,” kata Poengky di Jakarta, Selasa (21/6/2022).

Poengky menyoroti banyak perwira menengah polwan, yang kinerjanya nampak diapresiasi di TR terbaru. Khususnya para Polwan dengan pangkat Kombes dan AKBP.

“Kami juga apresiasi ada banyak kombes dan AKBP yang diberi kesempatan menduduki posisi strategis. Ini kesungguhan dari Kapolri dalam menghormati kesetaraan gender di Polri dan ini sangat positif,” sambungnya.

Poengky berharap, Sigit bisa mempromosikan lebih banyak Polwan. Poengky menegaskan, banyak polwan yang menoreh prestasi dan tak kalah prestisius dengan polisi laki-laki.

“Kami harap dalam TR-TR selanjutnya perempuan lebih banyak diberi kesempatan lagi karena banyak dari mereka yang juga berprestasi,” kata dia. (HS-08)

Dorong UMKM Berdikari, Cara Ganjar Ini Dinilai Ekonom Tepat Atasi Kemiskinan

Lebih 2.000 Orang di Indonesia Berurusan dengan Hukum karena Lakukan Kekerasan Atasnamakan Agama