in

Dukung Kegiatan Mengajar, Disdikbud dan Kodim 0736 Batang Perkenalkan ILMCI

Kodim 0736 Batang dan Disdikbud Batang menyosialisasikan aplikasi ILMCI, di Pendopo Kabupaten Batang, Kamis (23/9). (Foto : Batangkab.go.id)

 

HALO BATANG – Kodim 0736 Batang dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Batang, menyosialisasikan aplikasi I Love My Country Indonesia (ILMCI), di Pendopo Kabupaten Batang, Kamis (23/9). Sosialisasi ini dalam rangka Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler ke-112.

Kepala Disdikbud Kabupaten Batang, Achmad Taufiq mengatakan aplikasi ini dapat mendukung kegiatan mengajar para guru di Kabupaten Batang. Dengan bantuan aplikasi ini, dia berharap kegiatan pebelajaran dapat berjalan lebih efektif.

“Aplikasi ILMCI juga dapat membantu Disdikbud Kabupaten Batang, untuk mengambil kebijakan pembelajaran. Dengan aplikasi ini, kami ingin memberikan kesempatan kepada stakeholder, untuk mengawasi, sekaligus memberi masukan demi membangun kesuksesan pembelajar di Kabupaten Batang,” jelasnya.

Aplikasi ILMCI adalah sarana stabilitas pembelajaran,  di mana guru sebagai pemimpin pembelajaran, akan termotivasi untuk mentransfer ilmu melalui teknologi. Diharapkan dengan aplikasi ini, pembelajaran semakin efektif dan menyenangkan. Dengan demikian siswa bisa betah belajar.

Aplikasi ini, terbuka untuk informasi yang diperlukan stakeholder, yaitu pembelajar, informasi tentang sekolah, dan informasi nilai indikator sesuai kurikulum yang berlaku.

Guru-guru dengan mudah mengakses nilai pembelajaran yang diberikan oleh pengawas dan mengetahui nilai mutu pembelajaran yang sudah mencapai kriteria aman.

Sementara itu, President dan CEO ILMCI, Sofian Tjandra mengatakan bahwa ILMCI adalah metode pembelajaran yang menyenangkan untuk tingkat pendidikan anak usia dini (PAUD) hingga sekolah dasar (SD), dikemas dengan audio visual, dan disesuaikan dengan perkembangan usia anak, sehingga membantu dalam mengembangkan motorik anak.

“Keunggulan dari aplikasi ini, pembelajarannya yang interaktif dan menyenangkan dengan multimedia, untuk menumbuhkan rasa cinta tanah air, atau jiwa nasionalisme terhadap bangsa Indonesia dari sejak dini,” terangnya.

Aplikasi ini juga berfokus pada pelajaran yang serius saja ada juga bermain sambil belajar dengan game-game edukasi untuk mengembangkan daya tangkap dan materi yang telah dipelajari siswa.

Ada juga pembelajaran tentang yang berhubungan dengan kesenian dan budaya baik dalam maupun luar negeri.

“Banyak juga referensi pendidikan keluarga, kumpulan lagu daerah, dan lagu nasional untuk para siswa agar tetap mengerti tentang budaya Negara Kesatuan Republik Indonesia,” ujar dia. (HS-08)

Share This

Cegah Klaster Covid-19 di Sekolah, Disdikbud Batang Minta Protokol Kesehatan PTM Diperketat

Bakesbangpol Batang: Kunci Perdamaian Ada pada Ormas