Dukcapil Kendal Menyapa Masyarakat, Sosialisasikan Layanan Kependudukan Gratis

Petugas Dispendukcapil Kendal melakukan perekaman data E-KTP kepada warga.

 

HALO KENDAL – Dalam rangka menindaklanjuti Intsruksi dari Dirjen Dukcapil Kemendagri RI, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Kendal menggelar acara dengan mengangkat tema “Dukcapil Menyapa Masyarakat”, di Aula Kantor Disdukcapil Kabupaten Kendal, Kamis (8/10/2020).

Acara yang dilakukan secara virtual melalui Zoom dan disiarkan langsung lewat chanel Youtube itu diikuti oleh masyarakat umum.

Kepala Disdukcapil Kendal, Bambang Dwiyono mengatakan, tujuan Disdukcapil Menyapa Masyarakat adalah untuk menyampaikan kinerja Disdukcapil dalam melayani masyarakat dengan sebaik-baiknya, dan menginformasikan untuk mengurus dokumen kependudukan dengan mudah, cepat, dan gratis.

“Selain itu, melalui aplikasi resmi dari Disdukcapil, yaitu Pak Dalman, pelayanan kami tetap dibuka sesuai jadwal yang di rencanakan. Kami juga membuka komunikasi dua arah dengan masyarakat terkait urusan dokumen kependudukan melalui kantor UPTD yang berada di Weleri, Sukorejo, Boja, Kaliwungu, dan Kendal,” terangnya.

Yang mana, lanjut Bambang, pihaknya sudah bekerja sama dengan pihak pemerintah desa dan kelurahan, untuk mengatasi permasalahan yang ada terkait pemanfaatan dokumen kependudukan.

Dikatakan, apa yang dilakukan oleh Disdukcapil akan lebih membahagiakan masyarakat, karena dokumen kependudukan dapat diurus dengan mudah, gratis, cepat, tidak berbelit-belit. Yaitu sesuai dengan persyaratan yang diatur dalam perundang-undangan kependudukan.

“Dengan membuka wawasan arti penting manfaat dokumen kependudukan ini, diharapkan dapat menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk bisa mengurus sendiri dokumen kependudukan yang ingin diperlukan,” ungkap Bambang.

Dirinya juga berharap, nantinya target kepemilikan dokumen kependudukan, seperti KTP, KK, KIA, Akte Kelahiran, Akte Kematian, Surat Pindah dan Datang, serta sejumlah dokumen penting lainnya wajib dimiliki masyarakat.

“Jika terjadi kendala maupun masalah dalam kepemilikan dokumen, pihaknya akan memberikan solusi terbaik, karena sudah menjadi tugasnya dalam melayani masyarakat,” tandasnya.

Menurutnya, ini sudah menjadi tugas Disdukcapil, yang mana hadir di tengah-tengah masyarakat. Apalagi dalam kondisi pandemi Covid-19 seperti saat ini.

“Saya harap di tengah-tengah pandemi masyarakat harus tetap semangat dan tetap mengikuti protokol kesehatan, dan bersama-sama mecegah penyebaran virus Covid-19,” pungkas Bambang Dwi.(HS)

Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.