in

Dua Sapi Lepas Sebelum Penyembelihan Mewarnai Perayaan Idul Adha Di Semarang

Petugas Pemadam Kebakaran Kota Semarang saat mengevakuasi sapi kurban yang terlepas.

 

HALO SEMARANG – Ada kejadian menarik dalam pelaksanaan penyembelihan hewan kurban di Idul Adha 1442 H, Selasa (20/7/2021). Petugas Pemadam Kebakaran Kota Semarang mengevakuasi dua sapi kurban yang lepas karena kelengahan petugas jelang perayaan hari raya Idul Adha.

Sapi pertama lepas di Masjid An – Nur Jalan Anggraini, Kelurahan Bulu Lor, Kecamatan Semarang Utara, Senin (19/7/2021) sekira pukul 22.50 WIB.

Sedangkan, sapi kedua lepas di depan Masjid At-taqwa Jalan Mayangsari, Kelurahan Kalipancur, Kecamatan Ngaliyan pada Selasa (20/7/2021) pukul 07.00.

Para petugas Damkar sempat dibuat kerepotan akibat dua sapi lepas yang bobotnya lebih dari 300 kilogram.

“Kedua sapi sama-sama masuk selokan depan masjid. Beruntung dapat dievakusi petugas dengan selamat,” kata Kabid Operasional dan Penyelamatan  Damkar Kota Semarang, Trijoto Poejo Sakti saat dihubungi Selasa (20/7/2021).

Dia menjelaskan kejadian, awalnya warga datang ke kantor Damkar melaporkan sapi mereka terlepas lalu lari kabur hingga tercebur ke selokan depan masjid An-Nur.

Posisi sapi berada di saluran air ukuran seluas sekira 2 meter sehingga sapi masih dapat bergerak bebas.

Petugas juga lebih mudah dalam mengevakuasi lantaran hanya butuh papan kayu untuk mengangkat sapi berwarna cokelat itu ke jalan. “Evakuasi tak lama hanya butuh waktu 1,5 jam,” terangnya.

Sapi berikutnya kondisi lebih ribet lantaran masuk ke selokan berukuran sempit, sehingga tubuhnya terjepit di selokan.

Proses evakuasi juga lebih rumit lantaran petugas harus menggunakan katrol sederhana untuk mengangkat sapi. Usai dievakuasi, kondisi sapi mengalami luka di kaki belakang.

“Proses evakuasi hampir tiga jam  karena kesulitan evakuasi sapi yang berat dengan posisi tubuh terjepit di dinding selokan,” bebernya.

Selain itu, di momen Idul Adha, petugas Pemadam Kebakaran juga melakukan kegiatan non pemadaman lain berupa evakuasi cincin di kaki burung kicau milik Slamet warga Sendangguwo, Kecamatan Tembalang, Kota Semarang.(HS)

Share This

tes

Kesulitan Hidup Di Masa PPKM, Pasangan Suami Istri Di Semarang Ini Nekat Mencuri Di Minimarket

Pakar Transportasi: Maksimalkan Terminal Tipe A Mangkang, Pemerintah Bisa Kerja Sama dengan Agen Bus