Dua Mahasiswa S1 Sistem Informasi USM Tembus Jurnal Nasional

Taman Universitas Semarang (USM). (Dok/Humas USM)

 

HALO SEMARANG – Budaya meneliti di lingkungan kampus tidak hanya menjadi kewajiban pelaksanaan Tri Dharma bagi tenaga pengajar. Para mahasiswa pun memiliki peran untuk berkontribusi bagi perkembangan penelitian di tanah air.

Bahkan publikasi penelitian yang dilakukan mahasiswa menjadi nilai tambah untuk bisa menyandang gelar sarjana dalam waktu pendidikan hanya 3,5 tahun saja.

Setidaknya dua mahasiswa Program Studi S1 Sistem Informasi FTIK Universitas Semarang membuktikan lolos jurnal nasional terakreditasi Sinta 2.

Akhir tahun 2020, Leatitia Daphne Adhisti Putri Pertiwi jurnalnya tembus ke Indonesian Journal of Computing and Cybernetics Systems (IJCCS) Universitas Gadjah Mada (UGM), dengan judul ā€œA Hybrid Approach for Determine the Location of Stand”.

Sementara itu, hasil riset Muhammad Adi Setiawan dengan judul ā€œMetode COPRAS untuk Menentukan Kain Terbaik dalam Pembuatan Pakaian pada Butik Batik Hatta Semarangā€ akan dipublikasikan ke Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer (JTIIK) Universitas Brawijaya.

Dengan bekal jurnal tersebut, kedua mahasiswa tersebut mengembangkan dalam penyusunan Tugas Akhir (TA) sebagai syarat kelulusan di Program Studi S1 Sistem Informasi Univeraitas Semarang (USM).

“Berkat jurnal saya lolos, impian bisa lulus kuliah 3,5 tahun itu bener-benar jadi kenyataan. Bersyukur di kampus, dosen bener-benar memberikan dorongan bagi mahasiswa untuk rajin menulis jurnal dari hasil tugas perkuliahan,” ujar Adi.

Sementara itu, Leatitia mengatakan, dirinya menambahkan ide dalam penulisan jurnal bermula dari tugas mata kuliah Sistem Pendukung Keputusan (SPK) pada semester 5. Melalui metode SPK, mahasiswa diminta untuk menerapkan kepada masyarakat dalam bentuk program pengambilan keputusan di masyarakat.

“Hasil penelitian dan program yang saya buat ini, saya kembangkan ke tugas akhir. Hasilnya ternyata tidak hanya lolos jurnal saja, tapi saya bisa lulus kuliah lebih cepat dari teman teman,” ujar Leatitia.

Dosen Sistem Informasi USM, Saifur Rohman Cholil, MKom mengaku, dalam pemberian tugas juga menuntut mahasiswa untuk melakukan riset dan implementasi karya. Dengan begitu akan menjadi modal kuat bagi mahasiswa yang lulus untuk bersaing di dunia kerja nantinya.

Untuk itu, penerapan kurikulum kampus merdeka, ke depannya Program Studi Sistem Informasi FTIK USM akan meningkatkan kolaborasi penelitian dosen dan mahasiswa yang hasilnya bisa bermanfaat bagi masyarakat sekitar.(HS)

bawah-berita-dprd-semarang
Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.