in

Dr Supari MT Dilantik jadi Wakil Rektor III USM

Prosesi pelantikan Dr supari ST MT sebagai Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan Universitas Semarang (USM) oleh Ketua Pengurus Yayasan Alumni Undip, Prof Abdullah Kelib SH di Kampus USM, Kamis (14/5/2020).

 

HALO SEMARANG – Dr supari ST MT dilantik sebagai Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan Universitas Semarang (USM) oleh Ketua Pengurus Yayasan Alumni Undip, Prof Abdullah Kelib SH di Kampus USM, Kamis (14/5/2020).

Dr Supari menggantikan Wakil Rektor III sebelumnya, Ir Supoyo MT yang meninggal dunia beberapa waktu lalu.

Pengangkatan ini sesuai dengan surat keputusan Ketua Pengurus Yayasan Alumni Undip No 71/SK/YA-UNDIP/2020 tentang Pengangkatan Wakil Rektor III USM.

Hadir dalam kesempatan tersebut pejabat dari unsur Yayasan Alumni Undip, Ir Soeharsojo IPU, Eddy Djoko Pramono, SH, MH, MT, Prof Dr Ir V Priyo Bintoto MAgr, senat universitas serta perwakilan mahasiswa BEM dan BLEM/DEMA.

Usai pelantikan, Prof Abdullah Kelib SH memberikan arahan terkait tugas dan wewenang Wakil Rektor III.

Menurutnya, tugas seorang Wakil Rektor III adalah membantu pelaksanaan tugas rektor meliputi pengembangan, perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi terkait bidang kemahasiswaan dan alumni.

Serta bertanggung jawab terkait penyelenggaraan kegiatan Pengenalan Akademik Dan Kegiatan Mahasiswa (PAKEM) USM.

“Selain itu wewenangnya adalah memantau, melacak alumni dengan tracer study. Sehingga diperoleh data lulusan USM bekerja di mana, berkontribusi seperti apa akan terlacak dengan baik. Karena tracer study dapat mencerminkan keberhasilan pendidikan tinggi dan akan meningkatkan penilaian dalam instrumen akreditasi,” katanya.

Apalagi saat ini pendidikan tinggi yang diharapkan berbasis outcome.

“Mudah-mudahan dengan situasi yang seperti ini USM semakin dipercaya masyarakat dan menerima mahasiswa yang banyak, sehingga bisa memberikan kontribusi mencerdaskan anak bangsa dengan baik,” ungkap Abdullah Kelib.

Sementara Rektor USM, Andy Kridasusila SE MM menegaskan, bahwa dalam kondisi yang seperti ini banyak kegiatan mahasiswa yang melibatkan berkumpulnya banyak orang behenti, sehingga bisa disiasati dengan kegiatan berbasis on line.

“Kami juga berharap kegiatan mahasiswa yang selama ini banyak diarahkan ke wawasan kebangsaan, anti korupsi dan lain-lain, saat ini bisa diarahkan ke kegiatan yang berbasis lingkungan dan bermanfaat bagi lingkungan. Hal ini dalam rangka mendukung pemerintah menangani Covid-19,” ungkap Andy.

Dr Supari yang baru saja dilantik mengatakan, sesuai arahan rektor dan koordinasi dengan wakil rektor lain, pihaknya akan segera menggelar konsolidasi internal dan evaluasi di bidang kemahasiswaan dan alumni.

“Evaluasi yang akan kami lakukan terkait regulasi dan kegiatan mahasiswa selama ini, sesuai tugas utama kami. Yaitu membina dan melayani mahasiswa dan alumni,” ungkap Supari.

“Ke depan kami berharap mahasiswa USM bisa lebih berkontribusi dalam percepatan pencapaian visi USM yang unggul dan terciptanya SDM lulusan yang berdaya saing tinggi. Karena membangun daya saing lulusan yang unggul harus dimulai sejak menjadi mahassiwa, dengan pembinaan yang baik. Maka soft skill dan hard skill mahasiswa akan meningkat,” katanya.(HS)

Share This

Meski Tanpa PSBB, Kota Semarang Relatif Sukses Tekan Covid-19

Ratusan TKI Mudik Melalui Tanjung Emas Semarang