in

DPUPR Kota Pekalongan Kerahkan 25 Petugas Tiap Hari untuk Urus Drainase

Personel DPUPR Kota Pekalongan mengeruk sedimen di drainase dan membuangnya menggunakan dump truck. (Foto : Pekalongankota.go.id)

 

HALO PEKALONGAN – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR), setiap hari menerjunkan 25 personel untuk mengurus drainase di Kota Pekalongan.

“Sebanyak 25 personel kami terjunkan. Setiap hari berkeliling termasuk di beberapa titik menjaga saluran drainase yang dipasang ruji-ruji untuk membendung sampah dan sampahnya kami bersihkan untuk dibuang ke TPA,” kata Kepala Bidang Sumber Daya Air (SDA) DPUPR Pekalongan, Khaerudin ST, seperti dirilis Pekalongankota.go.id.

Khaerudin menjelaskan bahwa di beberapa lokasi, jaringan drainase perlu diperbaii, tahun ini mulai diperbaiki. “Berhubung untuk memperbaiki infrastruktur yang berkaitan dengan air, biayanya sangat besar, sedangkan APBD Kota Pekalongan terbatas, sehingga perbaikan dilakukan ke drainase prioritas yang kondisinya parah,” kata Khaerudin.

Untuk tahun 2021 ini, menurut dia akan ada peningkatan saluran drainase di Jalan Angkatan 66 senilai Rp 2,5 Milyar dan masih persiapan lelang. “Titik lain, di Panjang Baru, belakang Wiroto, untuk antisipasi air laut limpas. Ini anggaran dari Bankeu Jateng Rp 2,5 Milyar juga,” beber Khaerudin

Lanjut Khaerudin menambahkan bahwa di Panjang Baru yang sisi Barat barat sebesar Rp 750 juta. Ada pula yang untuk pembutan atau peningkatan talut, mulai dari Kali Bremi, Meduri, Gamer, dan Gabus.

“Ini ada yang dikerjakan kementerian melalui BBWS, dikerjakan Pemprov Jateng, dan dengan APBD Kota Pekalongan,” jelas Khaerudin.

Kaitannya dengan kebersihan drainase, Khaerudin mengimbau agar masyarakat tak membuang sampah ke saluran. Menurut Khaerudin sampah yang perlu menjadi perhatian itu di saluran Jalan Cempaka Pasar Darurat Sorogenen, Jalan JlamprangKlego, Jalan Perintis Barat Stadion, dan sebagainya. (HS-08)

Share This

Kemenag Tegaskan Tak Ada Penyelewengan Dana Haji

Wali Kota Resmikan Gedung Grhadika Bahari