in

DPUPR Boyolali Pastikan Jalur-Jalur evakuasi di lereng Gunung Merapi Masih Cukup Baik

 

Kantor DPUPR Boyolali (Foto : boyolali.go.id)

Kantor DPUPR Boyolali (Foto : boyolali.go.id)

HALO BOYOLALI – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Boyolali, memastikan bahwa jalur-jalur evakuasi di lereng Gunung Merapi masih cukup baik.

“Tahun lalu kami melalui jalur evakuasi kondisi jalur evakuasi di Gunung Merapi sudah baik, sebetulnya jalur evakuasi itu wewenang Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten. DPUPR hanya membantu di teknisnya saja,akan tetapi anggaran tetap wewenang BPBD,” kata Kepala DPU PR Boyolali, Arief Gunarto, seperti dirilis boyolalikab.go.id, Sabtu (28/11).

Arief mengatakan kondisi jalur evakuasi Gunung Merapi sejauh ini sudah bagus. Jika perlu ada perbaikan, pihaknya telah menyiapkan dana Unit Reaksi Cepat (URC).

” Ya kalau memang untuk darurat, kita sudah siapkan dana URC. Kami masih ada anggaran URC, untuk keadaan darurat-darurat saja,” kata dia.

Untuk jalur evakuasi yang sempit, seperti di Kali apu dan Tlogolele, Arief mengatakan karena standart jalan berbeda,artinya membedakan jalan kabupaten atau jalur evakuasi jalan desa.

“Sebetulnya bukan wewenang DPUPR, apabila keadaan darurat dan mengkwatirkan tentunya akan kita bantu. Sebetulnya bukan wewenang DPUPR untuk jalur evakuasi sekaligus jalan desa,”

Pihaknya mengaku untuk pos anggaran untuk jalan evakuasi kebencanaan semua ada di BPBD, tetapi apabila ada jalur-jalur yang rawan yang harus diperbaiki.

” Tetapi kalau DPUPR diminta untuk memperbaiki jalur- jalur rawan dan mendesak,pihaknya siap dengan alokasi dana URC.” (HS-08)

Dalam Empat Hari, Lebih dari 100 Orang di Boyolali Terkonfirmasi Positif Covid-19

Pandemi Covid-19, Diskominfo Minta UMKM Go Digital, Disdagnakerkop Bantu Produk Masuk Ke Ritel Modern