in

DPU Sebut Hiasan Lukisan Motif Batik pada JPO untuk Tambah Estetika Wajah Kota

Tiang JPO di Jalan Pemuda yang dilukis dengan motif batik menarik warga yang melintas, Rabu (22/6/2022).

HALO SEMARANG – Pemerintah Kota Semarang tengah getol untuk mempercantik estetika wajah kota, salah-satunya terlihat dari pamandangan di sepanjang trotoar dan pedestrian di ruas jalan protokol.

Pemerintah kota menambah hiasan berupa lukisan cat motif batik di kedua tiang sisi kanan maupun kiri di Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) yang berada di antara Hotel Novotel dan Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Pemuda Semarang.

Hiasan lukisan motif corak ragam batik kreasi yang mempercantik keberadaan JPO di ruas Jalan Pemuda dilakukan oleh Pemerintah Kota Semarang melalui Dinas Pekerjaan Umum (DPU).

Kabid Bina Marga DPU Kota Semarang, Suriyaty mengatakan, ide untuk melukis dengan motif batik di JPO Jalan Pemuda karena melihat sebelumnya keberadaan JPO hanya nampak beton polosan. Menurutnya ini merupakan inovasi agar kulit luar beton JPO dapat lebih terlihat menarik dan punya nilai estetika jika diberi sentuhan seni lukis pada JPO.

“Lalu dipilihnya motif lukisan batik, karena menjadi ciri khas di Jawa, yang kaya dengan corak batiknya. Nantinya, setelah selesai dilakukan di JPO Pemuda, secara bertahap juga akan merambah ke JPO lainnya di pusat kota, yakni di ruas Jalan Pandanaran,” terangnya, Kamis (23/6/2022).

Ditambahkan Atik, sapaan akrabnya, lukisan motif batik ini dibuat agar warga yang melintas di JPO tersebut bisa betah dan merasa nyaman.

“Kalau JPO menjadi menarik kan biar warga juga tertib untuk menyeberang dengan menggunakan JPO,” katanya.

Harapannya, apa yang sudah dibangun Pemerintah Kota Semarang melalui DPU dengan mempercantik JPO dan menambah fasilitas berupa kursi, hiasan bola-bola dan tempat sampah di pedestrian Jalan protokol bisa dipelihara dan dijaga juga oleh masyarakat.
“Kami berharap dengan adanya fasilitas tersebut para pejalan kaki bisa nyaman dan aman saat melintas di ruang publik. Bahkan, menjadi lebih betah dengan adanya penghijauan di sepanjang ruas jalan protokol, karena suasananya teduh seperti yang ada di pedestrian Pemuda,” imbuhnya.

Setelah pengerjaan lukisan di JPO Jalan Pemuda selesai, nanti akan berpindah ke JPO ruas jalan lainnya dengan motif yang berbeda.
“Tenaga melukis memang dari tenaga harian dari PU. Tiap titik atau di ruas jalan nantinya dilukis dengan motif lain,” paparnya.

Sebelumnya, sejumlah trotoar dipercantik dengan hiasan cor bola-bola. Bola-bola ini dibuat dan dilukis dengan motif bunga dan Warag Ngendog, selain dipercantik.

“Ini juga agar demi keamanan dan membuat pejalan kaki lebih nyaman saat berada di pedestrian jan tersebut. Kalau, ada bola-bola cor hiasan yanh terpasang, akan membuat lebih aman bagi pejalan kaki atau warga bersantau duduk dikursi. Kalau ada kendaraan yang melintas tiba-tiba melenceng atau menyerempet sampai bahu jalan, mereka akan lebih aman,” ungkapnya.

Salah satu warga, Rahman mengatakan, sangat senang dengan suasana trotoar jalan Pemuda dan ditambah lagi dengan lukisan JPO menjadi semakin cantik pemandangan jalan pemuda. Ditambah lagi dengan lebih banyak fasilitas tempat duduknya membuat makin nyaman bersantai.

“Di sini juga teduh karena ada pohon peneduh jalan, membuat betah duduk-duduk sambil melihat pemandangan,” katanya. (HS-06)

Geger! ETLE Tilang Pengendara di Jalan Pedesaan Sukoharjo, Begini Tanggapan Polda Jateng

Kemenag Imbau Jemaah Haji Gelombang Kedua Pakai Ihram sejak di Embarkasi