in

DPRD Kendal Gelar PAW, Caleg yang Hanya Peroleh 285 Suara Resmi Jadi Anggota Dewan

Pengambilan Sumpah Jabatan Anggota DPRD Kendal, Budi Haryono, menggantikan Ihwan yang di-PAW karena mengundurkan diri dari Partai Demokrat, di Ruang Paripurna DPRD Kendal, Selasa (31/10/2023)

HALO KENDAL – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kendal meresmikan pengunduran diri dan meresmikan pengangkatan Pengganti Antar Waktu (PAW) Anggota DPRD Kendal periode 2019-2024, yang dilaksanakan di Ruang Paripurna DPRD Kendal, Selasa (31/10/2023).

Acara PAW Anggota DPRD Kendal dari Fraksi Amanat Demokrat Sejahtera atau fraksi gabungan PAN, Demokrat dan PKS yaitu Budi Haryono menggantikan Ihwan yang mengundurkan diri dari keanggotaan Partai Demokrat dan pindah ke Partai Perindo.

Acara dipimpin oleh Ketua DPRD Kendal, Muhammad Makmun, dan dihadiri Ketua DPC Partai Demokrat Kendal yang juga menjabat Wakil Bupati Kendal, Windu Suko Basuki, para Wakil Ketua DPRD dan Anggota DPRD, serta OPD terkait.

“Proses PAW dilakukan, karena salah satu anggota DPRD Kendal, dari Fraksi Amanat Demokrat Sejahtera saudara Ihwan mengundurkan diri. Kemudian saudara Budi Haryono yang telah memenuhi persyaratan untuk diresmikan pengangkatannya sebagai anggota DPRD Kabupaten Kendal sesuai dengan berita acara KPU Kabupaten Kendal,” ujar Ketua DPRD Kendal, Makmun.

Acara kemudian dilanjutkan dengan pembacaan rancangan keputusan Anggota Dewan terhadap PAW oleh Sekretaris Dewan, Anwar Haryono, sekaligus menetapkan yang bersangkutan sebagai alat kelengkapan Komisi B, serta menduduki jabatan sebagai anggota Badan Anggaran dan Badan Musyawarah DPRD Kendal.

Selanjutnya pengambilan sumpah jabatan Budi Haryono sebagai anggota DPRD Kendal oleh Ketua DPRD Kendal, Muhammad Makmun, dilanjutkan dengan pemberian ucapan selamat oleh Pimpinan DPRD Kendal, Wakil Bupati Kendal dan juga Anggota DPRD Kendal.

Usai acara, Ketua DPC Partai Demokrat Kendal, Windu Suko Basuki mengungkapkan, dirinya berfikir positif pengunduran diri Ihwan adalah karena pilihan yang bersangkutan.

“Hari ini kita menyaksikan bersama-sama pelaksanaan PAW dari Anggota Fraksi Demokrat yaitu saudara Ihwan. Saya sebagai ketua berfikir positif, saudara Ihwan, tentu kita semua hidup adalah pilihan. Mungkin yang lebih baik bukan di Demokrat, maka saya membuka kesempatan seluas-luasnya kepada masyarakat Kendal untuk memilih,” ungkapnya.

“Dan memang kita mempunyai aturan, mempunyai AD ART bahwa anggota partai maupun fraksi untuk menjadi calon yang lain tentu harus mengundurkan diri. Sehingga hari ini, oleh DPP dikeluarkanlah surat keputusan dan hari ini ada yang dilantik menajadi anggota Fraksi Demokrat,” imbuh Windu Suko Basuki.

Sementara itu, Sementara itu, Budi Haryono mengaku tak menyangka yang pada Pemilu Legislatif 2019 lalu hanya meraih 285 suara bisa duduk menjadi seorang anggota DPRD Kendal di Komisi B, sekaligus anggota Badan Anggaran (Banggar) dan Badan Musyawarah (Bamus).

“Alhamdulillah ini rejeki dari Allah. Setelah dilantik menjadi anggota DPRD Kendal ini, saya akan bekerja sungguh-sungguh sekuat tenaga dan pikiran. Saya juga akan turun ke lapangan membantu dan mensejahterakan masyarakat,” ungkapnya. (HS-06)

Motor vs Motor di Mangkang Semarang, Pemotor Alami Luka Parah di Kepala

Buka Peluang Kemitraan Bagi Pelaku UMKM, DPMPTSP Kendal Launching ‘Si Mitra Harum’