DPRD Jateng Raih Nirwasita Tantra dari Kemen LHK

Sukirman menerima penghargaan Nirwasita Tantra 2019 dari Kemen LHK di Arboretum Kemen LHK, Jakarta, Senin (21/12/2020). (foto dok DPRD Jateng)

 

HALO SEMARANG – Sebagai bukti kepedulian dan keseriusan terhadap kelestarian lingkungan hidup, DPRD Provinsi Jateng meraih penghargaan Nirwasita Tantra 2019 dari Kementerian Lingkungan Hidup & Kehutanan (Kemen LHK).

Penghargaan diserahkan oleh Menteri LHK, Siti Nurbaya kepada Wakil Ketua DPRD Provinsi Jateng Sukirman di Arboretum Kemen LHK, Jakarta, Senin (21/12/2020).

Dalam acara penganugerahan penghargaan itu, Kemen LHK juga memberikan penghargaan Kalpataru 2020. Seperti disampaikan oleh Sekjen LHK Bambang Hendroyono dalam sambutan penyelenggara, penghargaan Kalpataru diberikan kepada anggota/kelompok masyarakat yang sudah memberikan sumbangsih untuk kelestarian lingkungan hidup.

“Nirwasita Tantra itu sudah dilaksanakan sejak 2016 dan diberikan kepada kepala daerah yang dalam kepemimpinannya telah menerapkan prinsip berkelanjutan untuk memperbaiki lingkungan hidup, sehingga kualitas hidup dan masyarakat meningkat. Dengan begitu, pemimpin tersebut bisa menjadi green leadership bagi lingkungan dan masyarakat,” kata sekjen.

Usai memberikan penghargaan, Siti Nurbaya mengatakan, selama ini Indonesia telah mengalami berbagai krisis lingkungan. Kondisi tersebut juga memacu daerah semakin menjaga kelestarian lingkungan untuk pembangunan yang berkelanjutan.

“Keberhasilan kepala daerah, dapat terjadi jika didukung DPRD dan birokrasi yang baik di bidang lingkungan. Lingkungan hidup itu merupakan aset yang perlu dijaga, sehingga kita bisa mendapatkan manfaatnya. Semoga penyelamatan lingkungan dapat terus dilakukan,” harap menteri.

Dalam hal ini, Sukirman mengaku sangat mengapresisasi penghargaan yang telah diberikan Kemen LHK. Dikatakan, DPRD Provinsi Jateng terus berupaya mendukung kebijakan pemerintah sekaligus merumuskan peraturan yang berkaitan dengan upaya pelestarian lingkungan hidup.

“Memang tidak mudah menyelematkan lingkungan hidup, tapi dengan adanya penghargaan tersebut, dapat terus memacu semangat kami (DPRD) untuk mendorong semua elemen masyarakat ikut menjaga lingkungan hidup,” pungkasnya.

Sebagai informasi, mewakili Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, Wagub Taj Yasin juga menerima penghargaan Nirwasita Tantra 2019 sebagai kepala daerah green leadership.

Selain Provinsi Jateng, Pemprov/ DPRD Provinsi Sumbar dan Jabar juga menerima penghargaan serupa. Untuk Kalpataru 2020, anggota masyarakat dari pelestarian hutan mangrove di Kabupaten Kendal berhasil meraih penghargaan tersebut.(HS)

Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.