in

DPRD Jateng Minta Penanganan Infrastruktur Jalan Akibat Bencana Biasa Selesai Sebelum Lebaran

Wakil Ketua DPRD Jateng, Heri Pudyatmoko.

HALO SEMARANG – Penanganan kerusakan infrastruktur jalan akibat bencana banjir di wilayah Demak, Grobogan, Kudus, dan beberapa wilayah lain diharapkan bisa selesai sebelum Lebaran atau Idul Fitri 1445 H. Hal itu disampaikan Wakil Ketua DPRD Jateng, Heri Pudyatmoko, baru-baru ini.

Menurutnya, target penyelesaian perbaikan infrastruktur tersebut untuk menghindari kemacetan arus mudik dan arus balik Lebaran 2024. “Kami berharap ada upaya mempercepat proses pengerjaan perbaikan jalan provinsi yang rusak akibat banjir. Hal ini guna menjamin kelancaran arus lalu lintas di wilayah Pantura Jateng, saat arus mudik dan arus balik,” kata politisi Partai Gerindra yang biasa disapa Heri Londo tersebut.

Dikatakan, tak hanya infrastruktur jalan yang rusak akibat banjir, namun juga jalan-jalan provinsi lain yang sudah mengalami kerusakan untuk segera diperbaiki. Langkah ini penting sebagai bentuk pelayanan bagi masyarakat yang ingin mudik.

Selain itu, Heri Londo juga meminta lampu penerangan jalan di jalur yang sebelumnya terdampak bencana untuk segera diperbaiki oleh pemprov maupun pemkab setempat. Langkah ini dilakukan agar menghindari potensi kecelakaan dan membuat nyaman bagi warga yang hendak mudik Lebaran ke kampung halamannya.

“Saya minta pemprov cepat koordinasi ke stakeholder dan pihak terkait, untuk segera melaksanakan pembenahan infrastruktur jalan yang akan jadi jalur mudik. Selain lampu penerangan jalan, rambu-rambu lalu lintas, hingga posko arus mudik itu penting sekali dalam menyambut arus mudik nanti,” ungkapnya.

Pemprov Jateng, juga diharap segera melakukan proses perbaikan sejumlah tanggul sungai yang jebol akibat hujan dengan intensitas tinggi di wilayah Demak, Grobogan, dan Kudus. “Hal ini untuk memberikan jaminan keamanan bagi warga yang sebelumnya terdampak bencana, untuk merayakan Idul Fitri. Jangan sampai persoalan banjir menjadi problem yang mengganggu ibadah puasa dan Lebaran mereka,” katanya.

100 Kilometer

Sebelumnya, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah menargetkan perbaikan jalan provinsi yang rusak akibat banjir dan longsor di wilayahnya selesai pada H-7 Lebaran.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Bina Marga dan Cipta Karya Provinsi Jawa Tengah, Hanung Triyono mengatakan, jalan-jalan provinsi yang rusak akibat banjir memang banyak di daerah timur, seperti Grobogan, Demak, Kudus, dan lainnya.

“Untuk perbaikan jalan provinsi kita menunggu setelah surut. Setelah surut kita akan laksanakan perbaikan dengan menambal lubang. Nanti H-7 Lebaran selesai,” katanya di Semarang, Senin, 25 Maret 2024.

Hanung mengatakan, jalan yang rusak akibat banjir diperkirakan mencapai 100 km. Panjang itu terbagi di berbagai spot. Jalan yang banyak rusak di antaranya lingkar Purwodadi-Grobogan, Jati-Klambu, Kudus-Margoyoso dan lainnya. Perbaikan jalan itu dilakukan dengan pengaspalan, jalan-jalan yang rusak diperbaikan dengan penambalan.

Di luar perbaikan jalan yang terdampak banjir, Pemprov Jateng juga memperbaiki jalan di ruas-ruas lain.

“Kita juga laksanakan pengerjaan overlay, ada sekitar hampir 40 km yang tersebar di Jawa Tengah. itu untuk kenyamanan para pengguna jalan saat Lebaran,” kata dia.

Adapun untuk jalan nasional, seperti halnya Jalan Pantura Demak juga sedang dilakukan perbaikan. “Perbaikan jalan pantura itu sudah mulai, yang mengerjakan balai besar, targetnya H-10 Lebaran,” kata Hanung.

Dijelaskan dia, jalan nasional yang teridentifikasi rusak parah adalah di daerah Tanggulangin, Karanganyar, Kabupaten Demak, dengan panjang kira-kira 5 km.

Hanung mengatakan, selama perbaikan jalan akan dipasang rambu-rambu informasi bagi masyarakat tentang perbaikan jalan. Ia juga mengimbau agar warga dapat berkendara dengan hati-hati.

“Jangan ngebut, apalagi saat hujan. Jalannya khan tertutup air, kita tidak tahu bawahnya itu ada lubang atau tidak. Tidak hanya jalan provinsi, jalan nasional, bahkan jalan kabupaten/kota pun juga seperti itu,” katanya.(Advetorial-HS)

Jaga Gaya Hidup Sehat Selama Ramadan dengan Galaxy A25 5G

Aturan Mudik, Pengguna Tol Diimbau Gunakan Rest Area Maksimal 30 Menit