in

DPRD Dukung Pengembangan Geopark Nasional Karangsambung Karangbolong

Wakil Bupati Ristawati Purwaningsih, dalam Rapat Paripurna DPRD, di Ruang Sidang Paripurna DPRD Kebumen, Selasa (8/6). (Foto : Kebumenkab.go.id)

 

HALO KEBUMEN – Pemkab Kebumen telah menyiapkan berbagai strategi, berkaitan dengan upaya pengembangan Geopark Nasional Karangsambung Karangbolong.

Pengembangan tersebut harus dapat berjalan baik dan meningkatkan perekonomian masyarakat.

Hal itu disampaikan Wakil Bupati Ristawati Purwaningsih, dalam Rapat Paripurna DPRD, dengan agenda Penyampaian Tanggapan dan atau Jawaban Bupati, Terhadap Rancangan Peraturan Daerah Kabupaten Kebumen tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Kebumen Tahun 2021-2026, di Ruang Sidang Paripurna DPRD Kebumen, Selasa (8/6).

Rapat dipimpin Ketua DPRD Sarimun, didampingi Wakil Ketua DPRD Fuad Wahyudi, Agung Prabowo, dan Yuniarti Widayaningsih

“Berbagai strategi dan aspek telah dilakukan untuk mewujudkan pengembangan Geopark Nasional Karangsambung Karangbolong, karena hal tersebut menjadi salah satu penggerak perekonomian masyarakat,” jelas Wabup, seperti dirilis Kebumenkab.go.id.

Sesuai usulan fraksi PDI Perjuangan, Wabup mengatakan bahwa pengembangan Geopark Nasional Karangsambung Karangbolong, dapat menjadi penggerak perekonomian masyarakat yang berdaya saing, sekaligus berwawasan lingkungan.

Wabup Ristawati juga memberikan jawaban terhadap usulan fraksi PKB, terkait permasalahan utama bidang ekonomi. Yakni masih rendahnya tingkat kesejahteraan masyarakat, dilihat dari kajian dalam RPJMD yang antara lain disebabkan beberapa sektor seperti pertanian, ekonomi dan industri dalam arti luas, belum mampu menjadi sumber kesejahteraan masyarakat.

“Pemkab akan menyiapkan kebijakan atau landasan yang lebih baik untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” tegas Wabup Rapat paripurna DPRD kali ini yang juga memiliki agenda penyampaian Raperda Kabupaten Kebumen tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2020.

Dalam kesempatan tersebut, Wakil Bupti Ristawati Purwaningsih yang membacakan sambutan Bupati menyampaikan salah satu prestasi yang berhasil kembali diraih Kabupaten Kebumen, yakni penghargaan Opini WTP yang ke-7 kalinya.

Wabup juga menyampaikan, dalam laporan realisasi anggaran, disajikan realisasi pendapatan mencapai 102,21% dari target atau sebesar Rp2,7 Triliun. Wabup juga menguraikan tentang realisasi pendapatan daerah apabila dibandingkan dengan Tahun 2019, terdapat penurunan, yakni sebesar 1,97% yang antara lain merupakan akibat pandemi Covid-19. (HS-08)

Share This

Tim PPID di Kecamatan dan Desa Diminta Selalu Update Informasi

BNNK Temanggung Ajak Waspadai Gorila