in

DPRD Demak Umumkan Estianah-Ali Maksun Sebagai Bupati dan Wabup Terpilih

Rapat Paripurna Pertama DPRD Kabupaten Demak, dengan agenda pengumuman akhir masa jabatan bupati dan wakil bupati periode 2016-2021 dan bupati serta wakil bupati terpilih 2021-2024. (Foto : Demakkab.go.id)

 

HALO DEMAK – DPRD Demak mengumumkan pasangan Estianah-Ali Maksun, sebagai bupati dan wakil bupati terpilih periode 2021-2024. Pada saat yang sama, DPRD juga mengumumkan masa jabatan bupati dan wakil bupati lama, yang akan berakhir pada 3 Mei 2021.

Pengumuman tersebut disampaikan DPRD Kabupaten Demak, dalam rapat paripurna pertama, masa sidang l tahun 2021, di gedung DPRD Demak, Jumat (22/1/21).

Sidang yang telah memenuhi kuorum tersebut, dibuka dan dipimpin ketua DPRD Fahrudin Bisri Slamet. Acara tersebut juga diikuti oleh pimpinan OPD melalui Zoom Meeting.

Adapun dari eksekutif, hadir Plh Bupati Joko Sutanto, sekda Singgih Setyono dan para Asissten sekda.

Sebelum dilakukan penandatangan berita acara pengumuman masa jabatan bupati dan wabup lama dan pengumuman penetapan bupati dan wabup terpilih, ketua DPRD menyampaikan masa jabatan bupati dan wakil bupati berakhir pada tanggal 3 Mei 2021.

Sebelumnya pasangan Estianah-Ali Maksun ditetapkan sebagai bupati dan wakil bupati terpilih, oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Demak, dalam rapat pleno terbuka Kamis,( 21/1) di ballroom Hotel Amantis.Keduanya merupakan peserta pilkada serentak yang dilaksanakan Desember tahun lalu yang mengalahkan pasangan Mugiono dan M Badrudin.

Rapat pleno terbuka sempat tertunda satu hari, sesuai jadwal yang ditentukan semestinya dilaksanakan Rabu (20/1), dikarenakan surat pengantar dari KPU RI belum turun.

Dalam rapat pleno Ketua KPU Kabupaten Demak, Bambang Setyabudi, mengatakan penetapan tersebut berdasarkan Surat Keputusan KPU Kabupaten Demak Nomor :04/PL 02.7-KPt/3321/KPU-Kab/1/2021 tentang Penetapan Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati terpilih dalam Pilkada Tahun 2020.

“Berdasarkan Surat Keputusan KPU Kabupaten Demak Nomor :04/PL 02.7-KPt/3321/KPU-Kab/1/2021, Paslon 01 Estianah-Ali Maksun terpilih sebagai Bupati dan Wakil Bupati dengan hasil rekapitulasi sebanyak 346.878 suara atau 56,82 persen dari total suara sah 610.502. Sementara Paslon 02 memperoleh 263.624 suara atau 43,18 persen”, Kata Bambang.

Selanjutnya KPU Kabupaten Demak akan menyerahkan hasil penetapan calon terpilih Pilbup Demak 2020 kepada Dprd Kabupaten Demak untuk diparipurnakan. Serta diusulkan kemudian oleh DPRD Demak ke Mendagri melalui Gubernur Jateng, untuk ditetapkan sebagai Bupati dan Wabup Demak terpilih periode 2021-2024.

Terpisah Calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Demak terpilih, Estianah dan Ali Maksun, menyatakan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukungnya.

“Kami ucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung. Kami juga meminta maaf kepada seluruh masyarakat yang kurang berkenan pada saat Pilbup Demak berlangsung”, ungkapnya.

Selanjutnya Estianah menambahkan, setelah penetapan dan sambil menunggu pelantikan, dia akan memilah program-program pembangunan yang baik pada masa kepemimpinan bupati sebelumnya, sehingga bisa dilanjutkan.(HS-08)

Share This

Gowes ke Purworejo, Ganjar Tanam Pohon Selamatkan Pesisir Selatan Jateng

Tavip Supriyanto Meninggal Dunia, Ini Kesan Jajaran DPRD Kota Semarang