in

Dosen Pariwisata USM Beri Pelatihan Bahasa Inggris ke Anggota Pokdarwis Desa Wisata Jungsemi

Tim Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Semarang (PkM USM) yang terdiri atas dosen progdi Pariwisata memberikan Pelatihan Kecakapan Berbahasa Inggris kepada anggota Pokdarwis Desa Wisata Jungsemi, Kecamatan Kangkung, Kabupaten Kendal di Kantor Pantai Indah Kemangi Lantai 2, Jumat (12/5/2023).

HALO KENDAL – Tim Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Semarang (PkM USM) yang terdiri atas dosen progdi Pariwisata memberikan Pelatihan Kecakapan Berbahasa Inggris kepada anggota Pokdarwis Desa Wisata Jungsemi, Kecamatan Kangkung, Kabupaten Kendal pada 12 Mei 2023 di di Kantor Pantai Indah Kemangi Lantai 2.

Tim PkM USM terdiri atas Ketua Desika Nur Jannah dan anggota Qurinta Shinta, Herman Novry KP. Kegiatan dibiayai Universitas Semarang (USM) itu diikuti 15 anggota Pokdarwis.

Menurut Desika, tujuan kegiatan untuk memberikan pemahaman pentingnya Bahasa Inggris dalam berkomunikasi dengan wisatawan asing. Selain itu juga memberikan pendampingan dalam mempromosikan daerah desa wisata.

”Selama ini anggota Pokdarwis memiliki kendala dalam Bahasa Inggris, terutama jika komunikasi dengan wisatawan asing. Akibatnya, jumlah wisatawan asing yang datang ke Desa Wisaya Jungsmi rendah. Kami memberikan pelatihan dan pendampingan kepada mereka agar memiliki kemampuan dalam berbahasa Inggris,” kata Desika.

Desika mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan secara luring (tatap muka). Hal ini dimaksudkan agar anggota Pokdarwis Desa Wisata Jungsemi dapat menangkap langsung materi yang disampaikan oleh narasumber.

Selain itu juga untuk meminimalisasi ketidakpahaman dari mereka terutama dalam pengucapan dan intonasi Bahasa Inggris yang benar.

”Mereka juga bisa bertanya langsung dengan narasumber sehingga lebih jelas dalam menerima materi. Kami berharap,mereka lebih cepat paham,” ungkapnya.

Ketua Pokdarwis Desa Wisata Jungsemi, Sulton mengatakan, pihaknya sangat senang dengan adanya kegiatan tersebut. Menurutnya, kegiatan yang dilakukan para dosen Pariwisata USM sangat bermanfaat bagi anggota Pokdarwis yang sehari-hari membantu menjadi pemandu wisata.

”Kami berharap, kegiatan serupa diselenggarakan lagi agar anggota Pokdarwis mahir dalam berbahasa Inggris. Kami memang mengalami kendala dalam berbahasa Inggris,” ungkap Sulton.(HS)

Habib Syech: Siapa pun Gubernurnya Nanti, Semoga Jateng Tetap Bersholawat

Pemkab Blora Bentuk Kampung Siaga Bencana di Kelurahan Balun Cepu