in

Donor Darah, Rektor Unika: Peristiwa Hidup yang Melewati Batas Kemanusiaan

Rektor Universitas Katolik (Unika) Soegijapranata, Dr Ferdinandus Hindiarto, SPsi, MSi saat mendonorkan darahnya di acara 10 tahun NUNI.

 

HALO SEMARANG – Rektor Universitas Katolik (Unika) Soegijapranata, Dr Ferdinandus Hindiarto, SPsi, MSi menyebut, melalui donor darah memberi arti penting dalam kehidupan. Menurutnya, donor darah merupakan dua di antara peristiwa hidup yang melewati batas kemanusiaan.

Ferdinandus dalam sambutannya di acara 10 tahun NUNI (National Universities Network Indonesia) menjelaskan makna dua peristiwa tersebut, yang pertama yaitu adanya pandemi Covid-19. Setiap orang tanpa memandang golongan dan membeda-bedakan status sosial, semuanya terkena dampak pandemi Covid-19 dan melakukan donor darah.

“Karena pendonor tidak perlu tahu kepada siapa darahnya akan diberikan tanpa memandang perbedaan golongan atau perbedaan lainnya,” kata Ferdinand dalam sambutannya di di Gedung Sporthall Yohanes Paulus II, Senin (11/10/2021).

Ia berharap, aliran semangat donor darah bisa terus menjadi api dalam kepedulian terhadap sesama.

“Semoga semangat kemanusiaan ini bisa dihidupkan terus menerus, tidak hanya karena hari ulang tahun NUNI saja, tetapi bisa diteruskan secara rutin seperti yang dilakukan oleh Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Korps Sukarela atau KSR PMI,” harapnya.

Sementara itu, satu di antara anggota Komite NUNI, Dr Heny Hartono, SS, MPd menambahkan, donor darah menjadi spirit dalam memperingati satu dekade hari jadi NUNI.

“NUNI adalah jejaring perguruan tinggi nusantara, dan Unika Soegijapranata merupakan salah satu anggota NUNI yang bergabung sejak pertama kali NUNI dideklarasikan. Dan dalam rangka memperingati 10 tahun NUNI, salah satu rangkaian kegiatannya adalah aksi sosial donor darah, dengan memilih tema Dari NUNI Untuk Indonesia,” paparnya.

Selain itu, melalui aksi ini dapat menggugah para civitas akademika di seluruh perguruan tinggi yang tergabung dalam NUNI, untuk tetap menghidupkan kepedulian terutama dari sisi kemanusiaan.

“Kegiatan aksi sosial ini dilakukan serempak di seluruh Indonesia, ada sekitar delapan kota penyelenggaraan di pulau Jawa dan Sulawesi. Dan penyelenggaraan donor darah di Unika Soegijapranata dilaksanakan selama dua hari yaitu tanggal 11 dan 12 Oktober 2021. Sementara perguruan tinggi lainnya memiliki jadwal kegiatannya masing-masing,” tambahnya.

Masih banyak lagi rangkaian kegiatan lainnya yang diselenggarakan, di antaranya kegiatan napak tilas NUNI, rapat tahunan NUNI, talkshow untuk mahasiswa sekaligus launching e-Book tulisan dari mahasiswa yang berasal dari perguruan tinggi-perguruan tinggi anggota NUNI, juga ada E-Sports Competition dalam bentuk running dan cycling secara virtual serempak di seluruh Indonesia.

“Sedangkan penyelenggaraan donor darah saat ini dapat terlaksana berkat dukungan dan kerja sama dengan PMI, UKM KSR dan Poliklinik Pratama BPJS Ibu Teresa Unika Soegijapranata. Harapannya selama dua hari ini, dapat terkumpul donor darah yang menjadi wujud kepedulian NUNI untuk kemanusiaan di Indonesia,” pungkasnya.(HS)

Share This

Akpol Gelar Porsimaptar XXI, Peserta Ada Dari Luar Negeri

Pedagang Tak Puas dengan Penempatan, Disdag: Penataan Johar Bergantung Zonasinya