in

Dongkrak Kunjungan Wisata, Komunitas Sibarista Semarang Siap Buat 10 Desa Wisata Baru di Jatirejo

Kegiatan Marketing Skill Up Edisi Khusus Desa Wisata Jatirejo yang diikuti para Pengurus Desa Wisata (Deswita) Jatirejo, Kecamatan Gunungpati, Kota Semarang, Kamis 13 Juni 2024.

HALO SEMARANG – Komunitas Sinau Bareng Pemasaran Pariwisata (Sibarista) Kota Semarang ingin membuat 10 Kandri Baru di Desa Wisata Jatirejo, Kecamatan Gunungpati, Kota Semarang.

Komitmen tersebut ditunjukkan Sibaristas Kota Semarang dengan mengadakan kegiatan Marketing Skill Up Edisi Khusus Desa Wisata Jatirejo yang diikuti para Pengurus Desa Wisata (Deswita) Jatirejo, Kamis 13 Juni 2024.

Presiden Sibarista Kota Semarang, Agus Khariswanto mengatakan, tujuan kegiatan ini agar setiap pengelola Desa Wisata di Jatirejo mampu membuat paket wisata sesuai kebutuhan pasar dan mampu menjadi marketer lokal yang menjual paket wisata yang sudah dibuat.

Marketer sendiri merupakan individu atau kelompok orang yang menawarkan produk atau layanan kepada target pembeli. Sehingga diharapkan berdampak ekonomi bagi pengelola dan masyarakat Desa Wisata Jatirejo.

Karena dalam setiap rupiah penjualan paket wisata akan terdistribusi ke marketer lokal, pengelola atraksi, pengelola desa wisata, pemandu wisata, maupun UMKM, dan semua pelaku yang terlibat dalam kegiatan tersebut.

Dirinya menambahkan, Marketing Skill Up Edisi Desa Wisata Jatirejo ini tidak berdiri sendiri, tapi merupakan serangkaian kegiatan untuk menjadikan Deswita Jatirejo setara bahkan melampaui Desa Wisata Kandri.

“Desa wisata Kandri menjadi tolok ukur, karena sudah diakui sebagai desa wisata berkelanjutan oleh Kemenparekraf dan mampu membuat dan menjual paket wisata bernilai miliaran rupiah setiap tahunnya. Sehingga berdampak ekonomi bagi masyarakatnya,” ujar Kharis yang juga seorang ASN di Dinas Pariwisata Kota Semarang.

Melalui kegiatan ini, pasca marketing skill up, seluruh peserta akan menjalani pemagangan selama 1,5 bulan. Dalam pemagangan ini peserta akan diminta menawarkan paket wisata ke target pasar. Seperti sekolah, dinas, institusi swasta dan lainnya, yang mempunyai kebutuhan paket wisata edukasi sesuai yang ada di Jatirejo.

Sementara tiga peserta dengan pencapaian penjualan terbanyak secara volume dan nilai rupiahnya, akan menjadi finalis dalam Sibarista Marketer Award 2024. Di mana akan memperebutkan piala bergilir dari sibarista yang sangat bergengsi dan uang pembinaan.

“Bagi kami program pemberdayaan masyarakat Desa Wisata Jatirejo merupakan bagian dari program 10 Kandri Baru yang kami gagas untuk menaikkan level desa wisata yang ada di Kota Semarang ke level nasional,” harapnya.

Sementara Desa Wisata Kandri sendiri akan kita naikkan levelnya ke kancah internasional, dimulai dari target pasar sekolah internasional dan ekspatriat yang ada di Semarang dan Jawa Tengah.(HS)

Hikmah dari Amalan Syukur dan Kesabaran, Mas Wawan Mengaku Dilancarkan Saat Wuquf di Arafah

Setelah Menangkan Pileg di Kendal, PKB Segera Siapkan Calon untuk Diusung di Pilkada