Dokter RSUD Simo Boyolali Kunjungi Rumah Pasien Gangguan Jiwa

Dokter Spesialis Jiwa Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Simo, Ismail Salahudin. (Foto:  Boyolali.go.id)

 

HALO BOYOLALI – Pemkab Boyolali berupaya membantu orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) di Kabupaten Boyolali, agar bisa berobat dan sembuh. Salah satu yang diupayakan adalah datang langsung ke tempat tinggal mereka.

Penjelasan itu disampaikan Dokter Spesialis Jiwa Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Simo, Ismail Salahudin, seperti dirilis Boyolali.go.id. Dia mengatakan terdapat beberapa kendala yang dihadapi ODGJ untuk kerumah sakit, antara lain transportasi dan jarak yang jauh. Padahal untuk bisa sembuh, mereka harus melanjutkan pengobatan.

Karena itu RSUD Simo bekerja sama lintas sektoral, dengan organisasi perangkat daerah lainnya, yaitu Dinas Sosial dan Dinas Kesehatan, untuk membantu pasien ODGJ.

Saat ini rumah sakit tersebut menangani 2.489 pasien. Dari jumlah itu, 90 di antaranya didatangi di rumah. Diharapkan dengan pengobatan yang diberikan, seluruh pasien bisa kembali beraktifitas normal kembali.

Disebutkan pula beberapa faktor yang mempengaruhi sesorang dapat mengalmi gangguan jiwa. Rata-rata pasien yang dia tangani merupakan pasien dengan sosial ekonomi yang rendah.

“Tetapi sebenarnya ODGJ tidak hanya dipengaruhi oleh masalah ekonomi atau sosial, tetapi juga masalah ada sedikit genetika. Atau penyakit fisik yang menyertainya,” terangnya. (HS-08)

Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.