in

DKP Kendal Terus Dorong Nelayan Miliki E-Pas dan Asuransi

DKP Kendal saat audiensi dengan Komunitas Nelayan Tawang Rowosari Kendal, Senin (24/1/2022).

HALO KENDAL – Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Kendal, terus melakukan sosialisasi terkait E-Pas Kapal Kecil kepada nelayan. Baik yang ukuran di bawah 7 GT maupun di atasnya.

Hal itu disampaikan Plt Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Kendal, Hudi Sambodo, saat menerima kunjungan Komunitas Nelayan Tawang Rowosari Kendal di ruang kerjanya, Senin (24/1/2022).

Hudi mengatakan, pihaknya terus melakukan sosialisasi E-Pas kepada para nelayan di Kendal. Sebelumnya sosialisasi juga telah dilaksanakan di Kelurahan Karangsari.

“Yang kemarin di Karangsari itu kita bagikan 78 E-Pas kapal kecil,” ujarnya usai beraudiensi dengan Komunitas Nelayan Tawang Rowosari.

Menurutnya, pihaknya akan selalu hadir di tengah-tengah masyarakat khususnya nelayan dan pembudidaya ikan. Hal itu dalam rangka untuk mewujudkan pemulihan ekonomi nasional khususnya di Kendal akibat pandemi covid-19.

“Dalam acara audiensi bersama para nelayan, kami juga lakukan sosialisasi pengurusan siup SIPI nya, asuransi keselamatan nelayan, dan akses pengurusan surat-surat di KeSyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan atau KSOP, dan informasi-informasi lainnya,” terangnya.

Sementara terkait dengan asuransi, Hudi menjelaskan, asuransi nelayan ini merupakan bentuk perlindungan dan jaminan di hari tua bagi nelayan. Asuransi ini penting mengingat resiko bekerja sebagai nelayan cukup tinggi.

“Risiko yang tinggi menjadi nelayan menjadi alasan hadirnya asuransi nelayan, agar para nelayan dapat bekerja dengan tenang saat menangkap ikan di laut,” jelasnya.

Hudi menambahkan, tak hanya untuk proteksi jiwa saja saat terjadi kecelakaan kerja atau meninggal, tapi asuransi juga bisa untuk jaminan hari tua apabila sudah tidak dapat bekerja karena faktor usia.

“Jadi nelayan kita dorong untuk mempunyai asuransi nelayan, dengan menggandeng berbagai mitra penyedia asuransi,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua Komunitas Nelayan Tawang Rowosari, Arifin mengatakan, kedatangan komunitasnya adalah dalam rangka silaturahmi sekaligus audiensi terkait pembagian kartu E-Pas dan pengurusan surat-surat ijin lainnya.

“Kami dari Komunitas Nelayan Tawang Rowosari ini ingin beraudiensi dengan pak kepala dinas, untuk meminta penjelasan terkait kartu E-Pas dan surat-surat ijin lainnya,” ungkapnya.

Dia mengungkapkan, dengan sosialisasi ini, para nelayan di seluruh wilayah di Kabupaten Kendal jadi mengetahui apa saja program yang dicanangkan oleh pemerintah, dan peraturan apa saja yang harus diikuti para nelayan. (HS-06).

Pasien Omicron Sempat Mampir ke Cilacap, Protokol Kesehatan Akan Diperketat

Kasus Omricon di Jateng, DPRD Minta Masyarakat Tidak Lengah