in

DKP Jateng Salurkan Bantuan Subsidi Solar Kepada Nelayan di Kendal

Antrean solar para nelayan di Tawang Gempolsewu Kecamatan Rowosari, Kabupaten Kendal, beberapa waktu lalu.

 

HALO KENDAL – Sebanyak 431 nelayan di Kabupaten Kendal, mendapatkan bantuan subsidi solar dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah melalui Dinas Kelautan dan Perikanan Jawa Tengah.

Bupati Kendal, Dico M Ganinduto menyampaikan, bantuan ini membantu para nelayan untuk mengatasi problem keterbatasan jatah solar subsidi pada 2021.

“Jadi, kami sampaikan ke Pertamina dan pemerintah provinsi, supaya ke depan tidak terjadi lagi kendala stok solar subsidi,” ujar Dico, saat penyerahan simbolis di TPI Tanggul Malang, baru-baru ini.

Untuk mengantisipasi kebutuhan solar ke depan, pihaknya mengajukan tambahan alokasi solar subsidi 12.591 kiloliter untuk mencukupi kebutuhan 2.044 kapal nelayan pada 2022.

“Kami sudah mengajukan surat kepada Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi. Usulan tersebut nantinya diteruskan ke Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) untuk diputuskan,” jelasnya.

Pada kesempatan itu, Bupati juga menyerahkan bantuan rehabilitasi TPI Tanggulmalang Kecamatan Cepiring sebesar Rp 101 juta.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kendal, Hudi Sambodo mengatakan, masing-masing penerima mendapatkan bantuan solar subsidi 200 liter dalam bentuk saldo rekening Rp 1.030.000 yang hanya bisa dicairkan untuk pembelian solar.

”Total bantuan yang diberikan dari provinsi sebesar Rp 443.930.000 untuk 431 nelayan,” jelasnya kepada halosemarang.id, Jumat (5/11/2021).

Hudi mengungkapkan, bantuan tersebut  baru sebagian kecil dari jumlah nelayan di Kabupaten Kendal yang mencapai 9.450 orang.

“Nelayan yang mendapatkan bantuan adalah yang lolos verifikasi di tingkat provinsi, yaitu nelayan yang punya kartu Kusuka (Kartu Pelaku Usaha Kelautan dan Perikanan),” pungkasnya.(HS)

Share This

Pimpin Apel Gelar Pasukan Penanggulangan Bencana, Bupati Batang : Hati Saya Dag Dig Dug

Sujud Sukur 15 Napi Lapas Semarang Saat Mendapatkan Bebas Asimilasi