in

Ditresnarkoba Polda Jateng Gagalkan Penyelundupan Sabu-sabu Jaringan Internasional

Foto ilustrasi narkoba.

 

HALO SEMARANG – Ditresnarkoba Polda Jateng berhasil menggagalkan upaya penyelundupan sabu-sabu seberat 441,21 gram ke Indonesia, dari jaringan pengedar Internasional di Malaysia. Selain menggagalkan penyelundupan, polisi juga menangkap dua tersangka diduga pelaku tindak pidana penyalahgunaan narkotika jaringan Internasional.

Diketahui kedua tersangka tersebut berinisial TM (41) seorang petani dan TS (37) ibu rumah tangga asal Bangkalan Jawa Timur yang ditangkap pada Kamis (5/8/2021) sekira pukul 14.20 WIB di Jawa Timur.

Dirresnarkoba Polda Jateng, Kombes Pol Lutfi Martadian mengungkapkan, kronologi penangkapan tersebut bermula ketika pada Rabu (4/8/2021) polisi mendapat laporan dari Petugas Bea Cukai, Kanwil Jateng & DIY, bahwa ada paket dari sebuah ekspedisi di Kota Semarang sebanyak 4 paket yang terbungkus kardus dari Malaysia.

“Salah satu paket diduga berisi narkotika jenis sabu-sabu, yang disamarkan dengan tumpukan baju bekas, perkakas alat rumah, susu, dan makanan ringan,” tuturnya Selasa (10/8/2021) di Semarang.

Dia menambahkan, dalam empat paket kargo tersebut tertulis alamat penerima dan pengirim barang menuju Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur.

“Selanjutnya tim berkoordinasi dengan Bea Cukai dan Ditresnarkoba Polda Jatim untuk lakukan Control Delivery sampai pada penerima paket,” ungkapnya.

Kemudian, lanjut dia, setelah sampai di Madura dan dekat dengan alamat penerima, petugas dari Polda Jateng bersama Polda Jatim langsung melakukan penangkapan terhadap penerima paket sesuai resi yang dimaksud yaitu TM dan TS.

“Petugas gabungan juga melakukan penggeledahan di rumah tersangka,” bebernya.

Dari hasil penyelidikan petugas, diketahui bahwa paket berisi narkotika jenis sabu-sabu seberat 441,21 gram yang dibungkus dalam botol susu bekas tersebut, dikirim oleh Mathori (suami TS) yang berada di Malaysia.

Dia menerangkan, pihaknya akan terus berkomitmen dengan bea cukai untuk memberantas peredaran narkotika demi kehidupan yang lebih baik.

“Kita berkomitmen bersama untuk memberantas narkoba dalam bentuk apapun karena narkoba ini adalah musuh negara yang bisa membahayakan generasi penerus,” tutupnya.

Atas kejadian tersebut selanjutnya petugas membawa TM dan TS beserta 4 paket Kargo ke Kantor Direktorat Reserse Narkoba Polda Jatim guna dilakukan pemeriksaan semua isi paket dan pengembangan.(HS)

Share This

Empat Pemuda Ditangkap Saat Pesta Sabu-sabu Di Kaliwungu Kendal

Mal Di Semarang Mulai Beroperasi Kembali, Namun Ada Syaratnya