in

Ditjen Bimas Kristen Kemenag Luncurkan Program 10.10 dan Cyber Christian University

Menag Yaqut Cholil Qoumas dan Dirjen Bimas Kristen Jeane M Tulung. (Foto : kemenag.go.id)

 

HALO SEMARANG –  Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat (Ditjen Bimas) Kristen, meluncurkan program 10.10 dan Cyber Christian University.

Program ini dirilis oleh Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas, pada Rakernas Ditjen Bimas Kristen, di Jakarta.

“Bapak Menteri senantiasa menekankan hendaklah kami bekerja dengan cepat, melakukan lompatan, melakukan inovasi, layanan bermutu, dan bermanfaat secara luas bagi penerima manfaat, yakni umat Kristen di seluruh penjuru Indonesia,” kata Dirjen Bimas Kristen Jeane M Tulung, seperti dirilis kemenag.go.id, Selasa (28/2/2023).

Dia mengatakan, amanah yang diberikan bangsa dan negara, melalui Menag, harus dituntaskan dan dijawab dengan kinerja yang baik.

Menurut Jeane M Tulung, pihaknya senantiasa mendengarkan suara dan suasana hati penerima manfaat layanan.

“Diperlukan dukungan berbagai pihak, dalam menjalankan program prioritas, mulai dari pusat hingga daerah, institusi pendidikan dasar, menengah hingga Perguruan Tinggi, ratusan ribu pegawai dari berbagai latar belakang, budaya, bahasa, etnis, dan agama,” kata Jeane M Tulung.

Jeane M Tulung juga menjelaskan bahwa sasaran kinerja program prioritas Ditjen Bimas Kristen, dikemas dalam tajuk 10.10 (sepuluh-sepuluh).

Kesepuluh program tersebut, adalah 10 Daerah Prioritas Pembangunan Keagamaan, 10 Aplikasi Layanan Digital, 10 Pusat Inkubasi Layanan Publik Berbasis Moderasi Agama, 10 Transformasi Lembaga Keagamaan, dan 10 Hibah Tanah untuk Layanan Pendidikan Keagamaan.

Selain itu juga 10 Pembukaan Satuan Pendidikan Keagamaan Kristen Baru, 10 Beasiswa Pengembangan SDM, 10 Desa Moderasi, 10 Jurnal Bereputasi, dan 10 Bantuan Objek Budaya Keagamaan Kristen.

Ketua Panitia Rakernas Bimas Kristen, Johnson Parulian Hottua, melaporkan bahwa Rapat Kerja Nasional Pejabat Bimas Kristen Pusat dan Daerah Tahun 2023 ini mengusung tema Kerukunan Umat Untuk Indonesia Hebat dan Sub Tema Pelayanan Yang Memartabatkan Umat. Rakernas diselenggarakan mulai 27 Februari – 2 Maret 2023.

“Kami merancang kegiatan ini sebagai sebuah pagelaran, dikombinasikan antara enrichment session dengan mengundang para narasumber terbaik, regard and admiration kepada Bapak Menteri Agama dari Ibu Dirjen Bimas Kristen, tribute and appreciation, expose and exposure, tukar tambah gagasan, demi lahirnya rancangan teknokratik yang segar, sehat dan memberdayakan, dibalut dalam nuansa artistik, dengan alunan musik, nyanyian, dan berbagai visualisasi infografis lainnya. Perjanjian Kerjasama dengan Perguruan Tinggi dalam dan luar negeri,” jelas Johnson Parulian Hottua.

Johnson Parulian Hottua juga menyampaikan bahwa gagasan yang dirancang dapat menjadi jalan yang baik bagi semua untuk melejitkan layanan kepada penerima manfaat.​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​

Para penerima pengharaan atas dedikasinya kepada Ditjen Bimas Kristen

Bersamaan pembukaan Rakernas, diberikan penghargaan kepada, warga Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat, Ahimas yang telah menghibahkan tanah seluas 5 hektare di Sipora, kepada Ditjen Bimas Kristen Kemenag RI.

Penghargaan juga diberikan kepada Jeses, yang telah menghibahkan tanah seluas 10 hektare di Siberut; Enni Frida yang menghibahkan tanah 5 hektare di Sikakap;  dan Robinson Sabelau yang menghibahkan lahan 5 hektare di Sikakap.

Tampak hadir perwakilan pembina masyarakat dari seluruh provinsi, pejabat, dan pegawai Bimas Kristen Kemenag Pusat.

Tampak mendampingi Menag Yaqut, Staf khusus Menteri Agama Bidang Komunikasi dan Media, Wibowo Prasetyo, para staf dan tenaga Ahli Menteri Agama, Karo HDI, Akhmad Fauzin, Irjen Kemenag, Faisal, Kakanwil Kemenag DKI, Kakanwil Kemenag Papua, Papua Barat, Sumatera Barat, para Pimpinan Ormas Kristen. (HS-08)

Bantuan Keuangan Sarpras Perdesaan di Pati Diusahakan Cair sebelum Puasa

Tim Robotik MTsN 1 Pati Raih Perunggu di Malaysia